JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), mengakibatkan merosotnya perekonomian masyarakat, tidak hanya di ranah tetapi juga di perantauan.

Namun di tengah kondisi sulit saat ini, perantau Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam tidak lupa memikirkan saudara di kampung. Justru mereka melakukan aksi sosial dengan menggalang dana untuk meringankan beban ekonomi masyarakat di ranah.

H. Hasmol Dt Putiah Nan Sabatang selaku koordinator penggalangan dana di Jakarta, Kamis (9/4) menyebutkan, dana yang terkumpul dari penggalangan sebesar Rp130 juta. Dana itu dibelikan sembako berupa beras dan minyak goreng.

Semabako dibagi menjadi 850 paket untuk 850 KK, masing-masing nya ditambah masker. Penerima diprioritaskan kepada warga terdampak Covid-19 seperti guru MDA, guru honor yang memiliki KK di Nagari Pakan Sinayan, serta warga di luar penerima PKH dan telah mendapat bantuan sembako.

“Insyaallah bantuan disalurkan hari ini, dengan cara diantar langsung ke rumah warga penerima,” sebutnya.

Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman Dt Kayo Nan Kuniang mengungkapkan rasa terimakasih dan rasa bangganya kepada perantau yang terhimpun dalam wadah Ikatan Alumni SD se-Pakan Sinayan. Serta perantau lainnya di seluruh Indonesia, yang telah menghimpun bantuan untuk warga terdampak wabah Covid-19 di Pakan Sinayan.

“Bantuan didistribusikan dari posko induk Satgas Covid-19 nagari dan diantarkan langsung ke rumah warga terdampak atau penerima, supaya dapat menghindari terjadinya kerumunan banyak orang. Bantuan disalurkan melalui wali jorong, kader dasawisma dan kader posyandu,” ujarnya. * Pandu *
 
Top