JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Satu pasien positif COVID-19 asal Padang Pariaman meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat Senin (27/4) pagi.

Sesuai permintaan keluarga, pihak RSUP pun memakamkan pasien di Sitingkah Tapi, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Senin (27/4/2020) siang.

Kepada jurnalandalas.com, Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr. Indra Rusli membenarkan adanya pemakaman pasien positif COVID-19 RSUP M Djamil Padang di Lubuk Basung.

Terkait dengan jenazah pasien COVID-19 tersebut masyarakat tidak perlu cemas atau khawatir sebab untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, penanganan jenazah dilakukan sesuai SOP protokol dengan standar Kementerian Kesehatan dan WHO,” tutur dr. Indra.

Camat Lubuk Basung, Harmezi di lokasi pemakaman menyebutkan, pasien COVID-19, yang dimakamkan tersebut bukanlah warga Lubuk Basung Kabupaten, namun almarhum merupakan“Rang Sumando” di Sitingkah tapi, Lubuk Basung.

“Istrinya asli Sitingkah tapi, Jorong Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Sesuai tradisi, anak berhak meminta jenazah ayahnya untuk dikuburkan di kampung halaman ibu,” ujar Harmezi.

Dijelaskan Harmezi lagi, almarhum aslinya Payakumbuh, merupakan pensiunan pegawai Dinas Koperindag Kota Padang. Ia beserta keluarga berdomisi dan menjadi warga Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Hal yang sama disampaikan Ketua Harian GT2P COVID-19 Agam, Martias Wanto Dt. Maruhun. Dikatakannya, almarhum bukan warga Agam, tetapi statusnya sebagai PDP dari Padang Pariaman.

“Almarhum selama ini tinggal di Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Ini bukan kasus COVID-19 di Agam, tapi kasus Padang Pariaman,” katanya.

Ia menjelaskan, sebelumnya pasien sakit dan berobat ke salah satu klinik pengobatan di Batang Anai Padang Pariaman. Karena menunjukkan gejala COVID-19, pasien dirujuk ke RSUP M Djamil. Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, pasien meninggal dengan status positif COVID-19.

 “Pemakaman dilakukan sesuai protokol COVID-19 oleh petugas RSUP M. Djamil dan RSUD Lubuk Basung. Untuk itu kita minta masyarakat tidak panik dan tetap tenang menanggapi isu yang berkembang.

Ikuti anjuran yang dikeluarkan pemerintah seperti tetap di rumah, jaga jarak, memakai masker bila terpaksa keluar rumah dan cuci tangan sesering mungkin,” pungkasnya.

* Pandu *
 
Top