JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat).
Posko Penanggulangan Covis-19 di wilayah perbatasan Sumbar-Riau yang berada di Rimbo Data, Nagari Tanjuang Pauh, Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Kota, merupakan yang terbaik di Provinsi Sumbar.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ketika melakukan kunjungan kerja dan pengawasan di
Hari kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat, Kamis (23/4).

"Saya menilai posko di perbatasan Rimbo Data Labupaten Limapuluh Kota ini merupakan posko terbaik dari segi administrasi pendataan orang pelintas batas masuk ke Sumbar," ungkap Wagub yang didampingi Asisten Setda Prov Benny Warlis, Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Denny Asra dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Limapuluh Kota Hendra.

Dalam pengawasan itu, Wagub mengecek semua bentuk pencatatan yang dilakukan petugas terhadap pelintas batas. Ia menegaskan, petugas harus benar-benar memastikan kondisi setiap orang yang masuk ke Sumbar, termasuk pencatatan data-data pribadi pelintas serta mengisi formulir  alamat tujuan secara lengkap dan jelas.

'Kita harus meneruskan laporan pelintas batas ini ke pemerintah daerah yang ada di Sumbar dan selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan memastikan kondisi pelintas batas teraebuy," tegas Wagub.

Dikatakan Wagub, dalam aturan PSBB hanya memperbolehkan penumpang kendaraan pribadi dan umum kapasitas penumpangnya yang hanya 50% kapasitas tempat duduk. Jika penumpangnya berlebih, maka harus diturunkan di posko dan petugas memfasilitasi kendaraan yang akan mereka gunakan untuk mengangkut penumpang yang berlebih itu ke daerah tujuannya.

Selain ke posko perbatasan Sumbar-Riau, Wagub juga melakukan tinjauan lapangan ke Nagari Suayan Kecamatan Akabiluru untuk menemui warga yang baru tiba dari Malaysia kemarin malam.

Pada kesempatan itu Wagub juga menyerahkan paket makanan untuk petugas posko dan memberikan semangat kepada petugas untuk selalu berhati-hati dan memastikan isian data pelintas benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

Ketua DPRD Denny Asra yang dimintai tanggapannya mengapresiasi kunjungan Wagub dan mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dorongan semangat untuk petugas yang di lapangan. (gun)
 
Top