JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Puskesmas Pekan Selasa sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP)  mempunyai peran penting dalam mmenanggulangi Corona Virus disease ( COVID19).

Peran FKTP Ini seharus di manfaatkan secara optimal, sebagai langkah awal penanggulangan  Copid 19,hal ini disampaikan kepala Puskesmas Pekan Selasa Yuafdal, pada jurnalandalas.com di ruang kerjanya, Sabtu  (25/4).

Pemberlakuan  pembatasan sosial berskala besar ( PSBB)  posisi dan peran Puskesmas menjadi sangat krusial.

Puskesmas memiliki peranan besar dalam memberikan informasi dan edukasi ke masyarakat karena skrining awal Covid 19
dilakukan ditingkat Puskesmas

"sebelum pasien/pengunjung datang ke loket pendaftaran, pasien/pengunjung kita skring dulu, setalah itu kita pisahkan alur pelayanannya."sebut Afdal.

Puskesmas Pekan Selasa juga sudah siapkan alur pelayan khusus terkait dengan wabah covid 19 dalam memutus mata rantai penularan ke sesama pengunjung/pasien dan paling  terhadap para petugas Puskesmas sebagai garda terdepan.

Puskesmas Pekan Selasa bekerja sama dengan pemerintah kecamatan,TNI/Polri
serta tokoh masyarakat telah mensosialisasikan apa itu PSBB.

Penyebaran informasi dan edukasi ke masyarakat hampir tiap hari dilakukan, bekerjasama dengan pemerintahan kec, nagari, TNI/Polri dan tokoh masyarakat lainnya, baik itu lansung ke lapangan atau pun di Puskesmas itu sendiri.

"dalam beberapa ini kita bersama forkompincam juga telah mensosialisasikan PSBB ke masyarakat dan ini akan terus kita lakukan" ungkapnya.

Karena pada prinsipnya kita tidak dalam posisi kuratifnya (pengobatan) tapi pada fungsi promotif dan preventif untuk memetus mata rantai penularan Virus Corona yang melanda dunia saat ini, demikian Yuafdal mengakhiri.

* dirman *
 
Top