JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--
Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Tanah Datar dr. Ermon Revlin mengatakan, sedikitnya, 141 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Tanah Datar, Selasa (7/4) akan dilakukan pemeriksaan medis dengan tiga tahapan.

"Pemeriksaan itu dilakukan di RSUD MA Ali Hanafiah SM Batusangkar," katanya, saat rapat koordinasi dengan jajaran kepala puskesmas dan camat se-Kabupaten Tanah Datar, Senin (6/4) di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Kabupaten Tanah Datar, Pagaruyung.

Rapat tersebut dihadiri Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor. Inf. Munawar, Kabag Ops Polres Tanah Datar Kompol. Ischak, Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Yesrita Zedrianis, dan Kabid Penunjang RSUD dr. Nurman.

Disampaikan Ermon, pelaksanaan tes medis ini secara bertahap dikarenakan pihak RSUD MA Ali Hanafiah SM Batusangkar hanya mampu melakukan tes untuk 20 ODP per harinya.

“Hitung hitungannya untuk melakukan tes ini satu orang memakan waktu sekitar 20 menit, sehingga untuk tes 20 orang akan memakan waktu sekitar 4 jam,” kata dr Ermon Revlin.

Dikatakannya, kepada ODP yang akan menjalani tes medis juga diminta membawa serta foto copy KTP. Kalau masih anak-anak diharuskan untuk membawa Kartu Keluarga (KK), hal ini dimaksudkan untuk mempercepat dan mempermudah petugas dalam mengidentifikasi data masing-masing.

Lebih lanjut, ODP yang akan dilakukan tes besok itu adalah data yang terakhir pada hari itu, bukan hari ini, sebab apabila masa inkubasi selesai pada hari ini maka besok tidak lagi sebagai ODP, selain itu data yang masuk hari ini akan ditambahkan sebagai ODP yang akan ikut di tes Swab pada periode berikutnya.

Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Inf. Munawar mengatakan, ini bukan pekerjaan yang mudah, untuk itu perlu ada sinergitas antara pihak terkait dengan Babinsa dan Babinkamtibmas yang ada di kecamatan.

"Selama ini Babinsa dan Babinkamtibmas sudah membantu semaksimal mungkin di lapangan, dan ke depan diharapkan pemerintah memperhatikan SOP penanganan covid-19 sehingga apa yang dikhawatirkan tidak terjadi," ujarnya.

Sementara Jubir Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Roza Mardiah seusai rapat membenarkan bahwa besok pihaknya direncanakan akan dilakukan tes medis kepada 141 ODP yang ada di Kabupaten Tanah Datar. (MG)
 
Top