JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat)
BUPATI Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi terus bergerak melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di daerahnya. Selain telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penularan virus mematikan tersebut, Bupati Irfendi juga senantiasa turun langsung ke lapangan mengedukasi masyarakat.
Dalam berbagai kesempatan, Irfendi selalu mengajak masyarakat ikut berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut dengan menjaga kesehatan, menjalankan pola hidup sehat dan bersih, serta memilih tetap berada di rumah.
“Kita meminta masyarakat untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Salahsatu caranya, dengan selalu mencuci tangan memakai sabun, rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang gizi. Ini semua untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) tidak meluas ke kampung kita,” ungkap Bupati Irfendi ketika meninjau Posko Tim relawan Penanganan Covid-19 Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Senin (6/4).
Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk sementara tidak mengadakan kegiatan mengumpulkan massa. Sebaliknya harus terus berusaha lebih banyak di rumah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Bila terpaksa harus keluar rumah seperti petani yang harus bekerja di sawah dan ladang, tentunya harus memakai pelindung diri seperti masker dan menjaga jarak dengan  orang lain sebagaimana himbauan pemerintah. Tak kalah pentingnya pula, masyarakat juga diharapkan segera melaporkan jika ada keluarga atau tetangga yang mengalami gejala terinfeksi covid-19 guna mendapatkan pelayanan medis.
"Kita harus terus memaksimalkan upaya memutus mata rantai penularan covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota ini. Untuk itu, masyarakat kita imbau agar tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang penting dan mendesak. Kalaupun harus keluar, tolong kenakan masker dan jaga jarak,” tekan Irfendi sembari menegaskan perang terhadap Covid-19 ini butuh peran aktif masyarakat.
Sementara terkait dengan posko, Bupati Irfendi mengharapkan para personil yang bertugas agar selalu bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan pemerintah. Disamping itu, petugas juga mesti menjaga stamina dan harus bisa memastikan kondisi kesehatan dirinya, Jika merasa kurang sehat, jangan paksakan untuk bekerja guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.
“Saya minta setiap tindakan yang dilakukan di posko sesuai SOP. Bagi petugas yang kurang sehat, jangan paksakan diri,” pinta Irfendi dihadapan petugas Posko Covid-19 Kabupaten Limapuluh kota di depan Kantor Dinas Perhubungan di Tanjung Pati.
Lebih lanjut ia berharap posko tidak hanya melakukan pengawasan, pemantauan dan penindakan, namun juga senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang covid-19.
Dalam kesempatan turun lapangan itu Bupati Irfendi juga membagikan masker kepada para petani yang tengah bekerja di hamparan Sawah Bandang dan para pengendara yang melewati jalur jalan Sawah Bandang, Kenagarian Koto Tuo Kecamatan Harau. (gun)
 
Top