JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Guna untuk upaya pencegahan penyebaran Wabah Covid-19, Anggota DPRD Pasbar, H. Erianto SE (Ketua Fraksi Gerindra) bersama Masyarakat Dusun Durian Tiga Batang, Jorong Simpang Tiga, Nagari Koto Baru, lakukan penyemprotan Disinfektan difasilitas umum dan rumah warga, pada Sabtu (4/4/20).

Menurut H. Erianto, SE kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi berjangkitnya wabah Covid-19 yang tengah marak belakangan ini di tengah masyarakat, salah satu upaya pencegahan yang praktis dilakukan ialah melakukan penyemprotan Disinfektan secara berkelanjutan dan mandiri. Disisi lain biaya yang bituhkan tidaklah mahal.

"Mari bersama kita melakukan pencegahan penyebaran Virus, kita ikuti semua anjuran dan arahan pemerintah terkait langkah dan upaya untuk menangkal penyebaran Covid-19, kita mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar kita." Kata Erianto.

Lebih lanjut dikatakanya, isolasi mandiri dan membiasakan hidup bersih dan sehat, jika ada anggota keluarga atau sanak famili yang baru datang dari luar kabupaten untuk melapor serta tidak keluar rumah selama 14 hari.

"Hindari keramaian dan selalu jaga jarak, serta menghindari kontak langsung dengan pelaku perjalanan. Tentunya kita jangan lupa dan selalu berdoa pada Ilahi agar bencana ini segera berakhir." tambah Erianto.

Senada dengan itu, selaku Kepala Dusun Durian Tiga Batang, Risman Efendi pada kesempatan itu, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan, ia juga menghimbau masyarakat untuk senantiasi mematuhi arahan dari pemerintah.

"Atas nama masyarakat kami ucapkan terimaksih pada jajaran pemerintah dan dinas terkait atas kedatangan salah seorang anggota Dprd Pasbar dan Jajaran Dinkes. Kami akan lakukan kegiatan ini secara berkala nantinya." pungkasnya.

Sementara itu, mewakili dari Dinas Kesehatan besersama Puskesmas Ophir yakni Marini berharahap dan meminta kepada masyarakat untuk tetap dirumah, hindari bepergian jika itu tidak begitu penting. Tidak hanya itu, jika akan masuk rumah biasakan cuci tangan dengan sabun, agar keluarga dirumah terhindar dari Virus.

"Mari untuk selalu jaga kesehatan, jaga jarak, konsumsi makanan sehat, biasakan Berjemur. Kenali gejala-gejala penyebaran virus, diantaranya jika ada yang mengalami demam tinggi untuk segera melapor ke Puskesmas.

Lebih lanjut Marini juga menjelaskan, tatacara penyemprotan Disinfektan harus sesuai dosis dan takaran yakni 150cc per 15 Liter air, dalam penyemprotan pastikan tidak ada orang dalam rumah jika melakukan penyemprotan.

"Jika keluar rumah gunakan masker, dan bagi bapak atau ibuk yang melakukan penyemprotan jangan lupa pake masker, kemudian setelah melakukan penyemprotan mandilah secara bersih. Bila melakukan penyemprotan di dalam rumah, pastikan rumah kosong dan makanan ditutup agar tidak terkena cairan." Tutup Marini.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Anggota Dprd Pasbar (Ketua Fraksi Gerindra) H. Erianto, Tim Teknis Dinas Kesehatan Pasbar, Tim Puskesmas Ophir Serta beberapa Masyarakat Dusun Durian Batang.

* Sofyan H *
 
Top