JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Seluruh wali nagari di Solsel telah melakukan tindakan antisipasi penyebaran wabah penyakit Covid-19, antara lain dengan membentuk Satgas atau Gugus Tugas/Relawan Nagari Lawan Covid -19, menyediakan pembersih tangan setiap tamu berkunjung, memfasilitasi pegawai kenagarian dengan masker.

Tidak itu saja, para wali nagari di Solsel ini juga memerintahkan seluruh kepala jorong untuk mendata para pendatang, dan melaporkan segera pada petugas kesehatan di wilayah masing-masing (bidan desa-red).

Seperti yang telah dilakukan oleh Wali Nagari Bomas Koto Baru, Yuli Herman, pihaknya telah melakukan pendataan dan mengunjungi para pendatang yang berasal dari zona merah wabah Covid-19. Selain itu pihak nagari bersama Bhabinkantibmas juga telah melakukan penyemprotan disinsfektan ke berapa fasilitas umum, sekolah dan rumah ibadah, serta pemasangan spanduk “ social distancing”.“ sebagai antisipasi penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

Nagari juga mengajak para tamu yang berasal dari luar daerah untuk mawas diri, pihak nagari bersama-sama dengan berbagai pihak telah melakukan penyemprotan disinsfektan, dan mengedukasi pendatang tersebut,” terang Wali Nagari Bomas Koto Baru, Yuli Herman didampingi Bhabinkantibmas, Bripka. Riki Andrea, Babinsa, Serda Irwandi, dan Bamus Nagari, Mairinaldo Saputra.

Wali Nagari di Kecamatan Sungai Pagu dan KPGD juga telah melakukan hal yang sama, sebagai mana dikatakan Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Efrizal, Wali Nagari Pasir Talang Timur, Solbetri, Wali Nagari Sako Selatan, Pepi Suhendra, Wali Nagari Pakan Rabaa Tengah, Jasman, dan Wali Nagari Pakan Rabaa, Arpan Ali.

Mereka telah melakukan tindakan respentif untuk menyikapi wabah covid-19 ini dengan dukungan masyarakat. Artinya kita mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam  mengantisipasi mewabahnya corona ini.

“ kita minta masyarakat untuk melaporkan jika ada sanak keluarganya yang pulang kampung, selain itu juga diminta untuk tenang dan jangan cemas berlebihan dalam menghadapi wabah ini,” terang beberapa wali nagari tersebut.

Para wali di Solsel ini ada yang telah membentuk gugus tugas covid-19, dan ada juga yang tengah menyusun draf surat keputusan Wali Nagari terkait gugus itu sendiri.


 * Dirman *
 
Top