JA.com, Padang (Sumatera Barat)--Jembatan darurat yang membentang pada sungai Batang Bangko, jorong Batu Bajarang Nagari Luak Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) kembali di hantam arus sungai Batang Bangko Ketek, Rabu malam sekitar pukul 22.30 WIB. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

"Tidak hanya jembatan yang hanyut kepala irigasi persawahan masyarakat juga ikut jebol, sehingga air kepersawahan warga tidak mengalir lagi sebut Kepala Jorong Batu Bajarang Ali  Mustafa pada Jurnalandalas.com Kamis (17/4/2020).

Ali juga menyebutkan deras arus tidak begitu lama, hanya satu jam karena intensitas curah hujan cukup tinggi.

Jembatan darurat ini sudah empat kali dibangun dan selalu dihondoh air sungai. Ini sudah yang keempat kali dibangun yang dikerjakan tahun 2020 oleh Pemkab Solok Selatan,"sebutnya.

Jembatan darurat yang menghubungkan 80 Kepala Keluarga (KK) di Jorong Batu Bajarang dengan Jorong Janjang Kambing Nagari Luak Kapau merupakan akses utama bagi warga, yang digunakan sebagai akses pengangkut komoditi pertanian oleh warga di Jorong Sungai Duo dan Tubo Taratak Tinggi menuju pusat Kecamatan Pauh Duo di Pekan Selasa.

"Jika jembatan ini putus maka, warga harus memutar arah sekitar 5 kilometer untuk kepusat kecamatan," sebutnya.* dirman *
 
Top