JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat) .
Kepedulian berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota terhadap ancaman penyebaran Covid-19 patut mendapatkan acungan jempol. Menyikapi kelangkaan alat pelindung diri (APD) di daerahnya, warga berlomba-lomba memproduksi dan membagikan APD itu secara gratis bagi masyarakat.

Jika sebelumnya APD disumbangkan para pengusaha kecil menengah,  kali ini bantuan akan diberikan kelompok penjahit di Kenagarian Batu Balang Kecamatan  Harau.

"Target kami akan membuat tiga ribu masker kain yang dikerjakan kaum ibu yang tergabung dalam kelompok penjahit," ungkap Wali Nagari Batu Balang Dasril Syafiadi di hadapan Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi ketika bupati membagikan masker gratis di sepanjang jalan nagari itu,  Senin (13/4).

Dikatakan,  bahan pembuatan masker tersebut berasal dari swadaya masyarakat. APD itu akan dibagikan secara gratis kepada seluruh masyarakat guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Bupati Irfendi Arbi mengapresiasi kepedulian dan inisiatif serta langkah cepat Wali Nagari Dasril Syafiadi dan kelompok penjahit nagari Batu Balang untuk membuat masker berbahan kain. Menurutnya, ini sangat membantu pemerintah daerah dalam pengadaan masker bagi masyarakat.

"Kita sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada wali nagari dan warga Batu Balang yang peduli dan telah berpartisipasi menyediakan APD gratis bagi masyarakatnya. Harus kita sadari,  perang terhadap virus corona sangat membutuhkan partisipasi aktif masyarakat," tutur Irfendi Arbi.

Dikatakan Irfendi,  apa yang dilakukan kaum ibu di Batu Balang dan nagari lainnya di daerah ini jelas akan menjadi energi positif bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Sebab,  masker itu sangat dibutuhkan masyarakat dalam mengantisipasi Covid-19.

Irfendi berharap kepedulian dan partisipasi masyarakat  untuk mengantisipasi penularan virus mematikan itu terus digelorakan.

"Selama ini partisipasi berbagai elemen masyarakat sangat menggembirakan.  Mari kita tabuh terus genderang perang tehadap covid-19 tersebut, " ujar Irfendi.

Terpisah salah seorang tokoh masyarakat Batu Balang Nasrul Rasyid juga mengacungi jempol terhadap Wali Nagari Dasril Syafiadi yang telah menggerakan masyarakat untuk berpartisipasi membuat dan membagikan masker gratis di nagarinya. Menurutnya,  semua itu tentu tidak terlepas dari kegigihan Bupati Irfendi Arbi yang inten turun kelapangan mengajak seluruh pihak memerangi virus mematikan tersebut.

"Kita juga mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi yang senantiasa memantau,  mengedukasi serta membagikan APD langsung ke tengah masyarakat," papar Nasrul yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.  (gun).

 
Top