JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--
Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni mengatakan, untuk menghadapi dampak sosial ekonomi kemasyarakatan yang timbul akibat wabah virus Corona (Covid-19), pihaknya, menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat Payakumbuh Utara, Senin (6/4).

Ia bersama DPC LPM Payakumbuh Utara dan lurah se kecamatan menggerakkan program donasi unggulan yang bernama Bintang Lima. Program dimaksud, langsung menyentuh warga miskin di seluruh kelurahan se kecamatan setempat.

Dikatakannya, penyerahan bantuan bagi 53 KK secara simbolis dilaksanakan di halaman kantor Camat Payakumbuh Utara. Adapun bantuan yang disalurkan adalah paket sembako senilai Rp. 200.000 berisi bahan pokok seperti 10 Kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 30 butir telur.

"Bantuan ini akan didistribusikan oleh lurah bersama LPM, RT, dan tokoh masyarakat ke KK warga penerima manfaat. Warga yang mendapat bantuan adalah yang kondisi ekonominya lemah, dan untuk pendataan sifatnya bottom up, dirembukkan dari tingkat RT bersama LPM terlebih dahulu agar bantuan ini tepat sasaran," kata Camat Desfitawarni didampingi Sekretaris B. Nasution, Senin (6/4) di Payakumbuh.

Ia menyebutkan, penggalangan bantuan dalam program Bintang Lima ini sifatnya swadaya. Segala bentuk bantuan baik berupa uang ataupun kebutuhan pokok dapat diserahkan oleh warga yang berkecukupan maupun oleh perantau ke posko kecamatan dan kelurahan.

"Saat ini, kebersamaan adalah kunci penting dalam menghadapi wabah Covid-19 ini. Saat pemerintah memiliki keterbatasan, disanalah peran masyarakat menunjukkan kepedulian sosialnya," kata camat yang akrabi Defi itu.

Lurah Koto Kociak Kubu Tapak Rajo
Zubirwan menyambut baik program Bintang Lima itu. Pasalnya, program tersebut sangat menolong sekali bagi warga yang membutuhkannya.

Sementara itu, Ketua LPM Tigo Koto Diateh Zulhendri mengapresiasi program Bintang Lima dan mensupport penuh pelaksanaannya, termasuk mendukung agar seluruh lini bergerak saling bersinergi dalam penggalangan donasinya. (Farhan)
 
Top