JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Datar  gelar Rapat Koordinasi tentang Penggunaan Media Informasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, kemarin di ruang pertemuan Dang Tuanku Kantor Baperlitbang.

Rakor dimaksud, dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Nuryeddisman, serta diikuti Humas instansi vertikal, pimpinan BUMN/BUMD se-Tanah Datar .

Kepala Diskominfo Tanah Datar Abrar mengatakan, dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, seluruh badan publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya.

“Untuk itu perlunya koordinasi penggunaan media informasi  pemerintah kabupaten Tanah Datar guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk forum keterbukaan informasi ke publik melalui media informasi yang ada di pemerintah tanah datar di antaranya videotron, baliho, spanduk, website, radio dan medsos lainnya,” kata Abrar.

Dikatakannya melalui media yang ada bisa dijadikan sebagai pintu gerbang layanan informasi kepada masyarakat sesuai implementasi Keterbukaan Informasi Publik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Nuryeddisman saat membuka acara mengaku menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kominfo, guna meningkatkan pelayan kepada masyarakat dan keterbukatan informasi publik yang berujung kepada layanan prima media informasi yang ada.

“Melalui media yang ada sangatlah memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan mempermudah layanan sebagai contoh melalui berbagai aplikasi yang telah dibuat oleh instansi tertentu untuk mempermudah pendaftaran administrasi bahkan pengaduan seperti BPJS online, polisi badunsanak,” ungkap Nuryeddisman.

Nuryeddisman juga mengajak seluruh peserta rakor untuk memanfaatkan media yang ada di pemerintah daerah, dengan demikian informasi akan sampai ke masyarakat bahkan ke pemerintahan terendah di jorong-jorong.

Usai pembukaan, rakor itu dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin Kepala Bagian Humas Yusrizal. Peserta menyambut baik kegiatan yang dipelopori diskominfo bahkan peserta memiliki antusias tinggi untuk memanfaatkan media yang ada di pemerintah daerah untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat. (MG)
 
Top