JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi bersama Walikota Padang Panjang Fadly Amran Dt. Paduko Malano, Rabu Malam (14/8) kemarin tandatangani nota kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan Pemerintah Kota Padang Panjang dalam rangka persiapan sebagai tuan rumah Porprov XVII tahun 2022 di rumah dinas walikota Padangpanjang.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Walikota Padang Panjang Asrul, Wakil Ketua Sementara DPRD Tanah Datar Istiqlal, Sekda Padang Panjang Sonny Budaya Putra, Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanah Datar Mukhlis, jajaran kedinasan se-Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar, ketua KONI Kabupaten Tanah Datar Donny Eka Putra dan Kota Padangpanjang serta insan olahraga lainnya.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan, telah terjadi beberapa kesepakatan dan tidak ada yang perlu diragukan lagi, tinggal lagi bagaimana Parpora dan KONI menyusun lebih konkrit lagi dan mempersiapkan segala sesuatunya secara teknis.

“Kita juga telah membicarakan soal pembukaan dan penutupan, dan semuanya sudah clear dan disepakati bahwa upacara pembukaannya di Tanah Datar sementara malam resepsinya dilaksanakan di kota Padangpanjang. Soal penutupan dan cabang olahraga dimana mau dihelat nanti kita bisa atur, namun yang paling penting kita harus bertekad bahwa tuan rumah bersama antara kabupaten Tanah Datar dan kota Padang Panjang harus bisa membuat sejarah bahwa Porprov tahun 2022 nanti sulit ditandingi dengan perhelatan Porprov - Porprov berikutnya," kata Irdinasyah Tarmizi.

Bupati Irdinansyah juga menyampaikan bahwa untuk menjadi tuan rumah bersama ini telah banyak dukungan terutama dari para tokoh dan perantau. Dan beberapa yang telah menyatakan dukungan langsung adalah perantau Jakarta, Medan, Riau dan Kepri, Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya.

"Saya juga berkeinginan pada pengambilan api Porprov nanti yang selama ini biasanya dari Pariangan langsung dibawa ke Padang dan paling berhenti sebentar di Padangpanjang, namun nanti kita minta api Porprov diarak dulu sekeliling Tanah Datar dan Kota Padangpanjang baru dibawa ke Padang lalu diarak keliling Sumatera Barat, dengan demikian upaya kita dalam menularkan semangat dalam berolahraga akan lebih baik lagi," harap Irdinansyah.

Sementara itu, Walikota Padangpanjang Fadly Amran menyampaikan, penandatanganan nota kesepakatan antara kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar ini merupakan langkah awal dalam upaya untuk menjadi tuan rumah bersama Porprov tahun 2022 mendatang.

"Rencana untuk menjadi tuan rumah bersama pada event olahraga ini saya yakini sangat banyak manfaatnya baik bagi masyarakat Padangpanjang maupun Kabupaten Tanah Datar," ujarnya.

Dia juga mengatakan, komitmen bersama ini untuk mewujudkan sebuah harapan dan keinginan seluruh masyarakat untuk menggelar sebuah event besar yang sudah sekitar 20 tahun terakhir tidak pernah ada lagi digelar baik di Padangpanjang maupun Tanah Datar. Untuk itu kami yakin dalam penyelenggaraannya nanti hasilnya pasti akan jauh lebih maksimal.

Selain itu pemerintah daerah bersama KONI juga sudah mempersiapkan venue buat cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Padangpanjang, nanti juga akan dibangun sebuah kawasan sport village dan sport center. Selain itu sebuah gedung multifungsi juga akan dibangun dan letaknya berada di perbatasan Padangpanjang dengan Tanah Datar. (MG)
 
Top