JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pawai alegoris pembangunan yang dilaksanakan hari Minggu, (18/8) yang dilepas di depan Pasar Bertingkat Batusangkar, dibanjiri penonton dari segenap penjuru Luak nan Tuo.

Pemerintah daerah menyampaikan kepada masyarakat prestasi yang diraih buah kerja keras perangkat daerah kerjasama lintas stake holder. Semisal, budaya kerja Aparatur Sipil Negara 3C2DI yang dicanangkan bupati Irdinansyah Tarmizi beberapa waktu lalu juga menjadi tagline ataupun moto yang menghiasi mobil pawai perangkat daerah.

Budaya kerja ini  yang mengantarkan banyak prestasi ini adalah singkatan Cerdas, Cepat, Cermat, Dedikasi, Disiplin dan Inovasi   

Bupati Irdinansyah Tarmizi saat melepas pawai mengatakan pawai untuk melihat hasil pembangunan termasuk melihat penampilan mulai dari anak TK hingga perguruan tinggi, TNI, Polri dan Instansi-instansi.

Prestasi-prestasi membanggakan banyak menghampiri Tanah Datar atas kerja perangkat daerah bekerjasama dan dukungan DRPD, Forkompinda dan masyarakat.  ia juga sampaikan, rencana pembangunan pasar Batusangkar, rehab Lapangan Cindua Mato dan pembangunan wahana Emersia Wonderland.

““Mari kita jaga bersama keberhasilan pembangunan di Tanah Datar ini. Mohon dukungan masyarakat, Insya Allah tahun depan pasar Batusangkar akan dibangun, Lapangan Cindua Mato juga direhab serta dalam waktu dekat pembangunan Emersia Wonderland yang menawarkan banyak wahana terutama replika keajaiban dunia akan dimulai. Mudah-mudahan Tanah Datar semakin maju dan semakin jaya,” kata Bupati Irdinansyah Tarmizi, Minggu (18/8) di Batusangkar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi seusai pawai  menyebutkan pawai diikuti oleh 20 PAUD/TK, 31 SD, 9 SMP/MTsN, 7 SMA/SMK/MAN, 2 pesantren, 1 perguruan tinggi, 27 Perangkat Daerah, BUMN/BUMD, 2 instansi vertikal, TNI, Polri, komunitas dan 2 nagari. “Pawai diikuti oleh 91 kontingen ditambah 30 marhing band,” sampainya.

Dijelaskan tema yang diusung beragam sesuai tingkatan, PAUD dengan gambaran keberagaman, SD dengan misi adat dan budaya, SLTP dengan misi perjuangan, SLTA dengan misi profesi dan Instansi lain dengan visi masing-masing lembaga.

Pawai juga dimeriahkan penampilan marching band dan drum band sekolah-sekolah, pawai mobil hias, barisan polisi cilik, duta wisata serta paskibraka.

Sebagai sarana edukasi, peserta pawai menampilkan banyak tradisi yang melekat di tengah-tengah masyarakat Minangkabau seperti adat prosesi maminang, akad nikah, bagorak (kadapua), baralek gadang, manampuah, manjalang mintuo, turun mandi, khatam alquran, malamang, bela diri, permainan anak nagari, pacu jawi hingga acara bakayu atau kematian.

Peragaan busana yang unik dan kreatif dari Marapi Fashion Art Carnaval Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab juga mendat aplaus luar biasa dari masyarakat.

“Melalui pawai kita inginkan menularkan semangat patriotisme kepada pelajar sekaligus mengenalkan tradisi budaya yang kita miliki sehingga generasi Tanah Datar menjadi generasi yang cinta tanah air dan tidak melupakan akar budayanya,” urainya.

Turut mendampingi di panggung kehormatan Dandim 0307/TD Letkol. Inf. Edi Sugianto Harahap beserta istri, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas beserta isteri, Anggota DPRD, Forkompinda, Sekda Irwandi beserta isteri, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah, Wakil Ketua TP PKK Ny. Retri Zuldafri dan Kepala OPD se Tanah Datar. (MG)
 
Top