JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--
Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan, takbir, tahlil dan tahmid yang sudah dikumandangkan selepas waktu shalat Magrib hingga hari tarsyrik berakhir tersebut sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Selain itu, gema takbir mendayu-dayu diiringi bunyi pukulan tabuh berirama, untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1440 H, di malam takbiran yang digelar di Gazebo Indo Jolito, Batusangkar, Sabtu malam, (10/8) kemarin.

“Gema takbir diselenggarakan pemerintah Tanah Datar setiap tahunnya, takbir dikumandangkan mencerminkan bertapa bahagianya kita menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H,” kata Irdinansyah.

Takbiran itu diiringi penampilan grup Miftahul Jannah dari Nagari Sumanik, Kecamatan Salimpaung yang menjadi juara 2 pada pergelaran Festival Takbiran tahun 2019 serta pernah menjadi juara 1 di tahun 2017 dalam ajang sama.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah mengundang kami pada malam gema takbiran, kami sangat senang sekali,” ujar Ketua grup Afriadi mewakili rekan-rekannya selepas penampilan.

Afriadi menambahkan Miftahul Jannah dibentuk pada tahun 2014 beranggotakan 13 orang terdiri mahasiswa dan pelajar binaan Leo Rifaldi, hingga kini memiliki generasi penerus dengan jadwal latihan 3 bulan sekali, menyesuaikan kegiatan masing-masing personil.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Tanah Datar Afrizon mengutarakan gema takbiran sudah kali ke 4 dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, di hari raya Idul Fitri kemarin dilaksanakan Festival Takbiran, keluar 3 pemenang, diundang untuk meramaikan gema takbiran diacara tersebut.

“Kita mengundang juara Festival Takbiran, akan tetapi pemenang lain berhalangan hadir, dikarenakan personel yang sedang melanjutkan perkuliahan di luar kota, dari sinilah Miftahul Jannah dipercaya mengumandangkan takbir,” ujar Afrizon.

Hadir pada saat itu Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kepala Kemenag, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah, dan tamu undangan lainnya. (MG)
 
Top