JA.com, Limapuluh Kota, (Sumatera Barat).
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengukuhkan 28 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) Kabupaten Limapuluh Kota di aula kantor bupati setempat,  Kamis (15/8). Pengukuhan ditandai dengan pemasangan candit secara simbolis kepada anggota Paskibra tersebut sekaligus pengucapan ikrar pemuda Indonesia.

"Saya ucapkan selamat kepada para anggota Paskibra yang dikukuhkan hari ini.  Mereka adalah siswa-siswi terbaik yang ditugaskan mengibarkan bendera di hari ulang tahun kemerdekaan kita yang ke 74," ujarnya Irfendi.

Ia berharap, mereka yang dikukuhkan itu bisa menunjukkan kedisiplinan dan keteladanan sebagai pasukan pengibar bendera dengan memperlihatkan nasionalisme yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

"Lakukan tugas pengibaran bendera merah putih dengan baik. Jadikan ini pengalaman paling berharga bagi ananda semua," tutur bupati.

Dikatakannya, Paskibraka memikul tanggung jawab kenegaraan yang berat dan mulia. Di pundak mereka terpikul tanggungjawab untuk mengibarkan bendera pada peringatan  hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Bagi bangsa Indonesia bendera merupakan lembang kebanggan dan identitas kenegaraan. Oleh karenanya bendera tidak bisa diperlakukan sembarangan. Bendera harus diperlakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan,"ungkapnya.

Anggota pasukan pengibar bendara pusaka sebelum memikul tugas yang maha mulia ini dididik dan dilatih selama 14 hari agar mereka mempunyai kemampuan dan pengetahuan tentang tata upacara dan tatacara memperlakukan bendera serta sikap disiplin, cinta tanah air dan rela berkorban.

Dikatakan,  sesuai dengan tema hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini yaitu menuju Indonesia unggul, hendaknya ini dapat dimaknai bahwa bangsa Indonesia sedang berjuang, berproses menuju bangsa yang mempuyai kompetensi yang handal di berbagai bidang.

"Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama selalu menyingsingkan lengan untuk selalu bekerja dan bekerja demi mewujudkan indonesia unggul. Begitu juga di kabupaten Limapuluh Kota. Mudah-mudahan dengan peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI 2019 ini akan memberikan pengaruh yang positif bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara," tuntasnya. (gun)
 
Top