JA.com, AGAM (Sumatera Barat)--Dalam memperingati Hari Pramuka Ke-58 Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam mengadakan upacara dan serangkaian kegiatan perlombaan, Rabu (14/08/2019).

Kepala Majelis Pembimbing Ranting  (Kamabiran) Gerakan Pramuka IV Koto, Rahmi Artati, bertindak selaku inspektur Upacara, dengan peserta upacara terdiri dari Mabiran, Kepala dan pengurus Kwaran IV Koto, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) se-kecamatan IV Koto, Forkompimcam, para guru dan siswa SD, samoai SMA dari golongan siaga,  penggalang dan penegak.

Dalam amanat sambutan dari Kwarnas, Rahmi Artati menyampaikan, Gerakan Pramuka bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepribadian seperti yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

"Negara kita ini terdiri dari banyak suku bangsa, agama, ras dan golongan sangat membutuhkan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,"

Disampaikannya, Hari Pramuka tahun ini bertemakan “ Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI ”.

Agar persatuan dan kesatuan NKRI tetap terjaga, kegiatan Ekstra-kurikuler seperti Pramuka sangat penting bagi para siswa. 

"Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan pelindung keutuhan NKRI,” ucap Rahmi Artati.

"Berikutnya kita tingkatkan keterampilan dan kecakapan hidup sesuai dengan tingkatan dan kebutuhan,"pinta Artati.

Usai upacara dilanjutkan dengan berbagai perlombaan, seperti lomba PBB dan lomba pionering untuk tingkat Penggalang SLTP.

Sementara lomba yel-yel dan lomba tahfizh untuk tingkat Siaga Sekolah Dasar.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Agam Drs. Martias Wanto, MM Dt. Maruhun menyebutkan, peringatan Hari Pramuka sendiri dilaksanakan setiap tanggal 14 Agustus. Tahun ini kegiatan peringatan Hari Pramuka di Agam jauh lebih meriah dibanding tahun lalu.

"Hampir di seluruh kecamatan di Agam  turut berpartisipasi menggelar kegiatan guna menyambut peringatan Hari Pramuka 2019," ungkap Sekda. (Pandu)
 
Top