Babinsa Desa Bigaran Koramil 19 Borobudur Kodim0705/Magelang Kopral Satu Edi Suwito melaksanakan kegiatan pelatihan tata cara pelaksanaan upacara kepada siswa siswi MTs Bigaran Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Sabu (10/08). Pelatihan dilaksanakan di halaman Halaman Balai Desa Bigaran.

Koptu Edy S mengatakan, kegiatan dimaksudkan agar setiap pelaksanaan upacara benderq, baik pada upacara rutin, maupun peringatan hari besar dapat dilaksanakan dengan khidmat sesuai dengan tata upacara bendera yang benar.

Selain itu pelatihan upacara bertujuan menumbuhkan jiwa disiplin dan kepemimpinan bagi setiap siswa.

"Materi latihan upacara yang diberikan adalah dengan menitik beratkan pada petugas upacara seperti petugas pengibar Bendera Merah Putih, pemimpin upacara dan pembaca Teks UUD 1945," ungkap Koptu Edy Setyawan.

Edy menambahkan, pelatihan tata cara upacara bendera dilaksanakan dalam rangka mendidik generasi penerus bangsa yang cinta tanah air melalui kegiatan upacara.

Ima Melia Ristina, salah satu murid Klas  VII MTs Bigaran yang mendapat kepercyayaan sebagai petugas pengibar bendera mengaku sangat ssnang karena diberi kepercayaan oleh sekolah dan masyarakat untuk mengibarkan bendera pada upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI ditingkat Desa bigaran.
Ia bertekad akan melaksanakan tugas sebaik - baiknya.

Sementara itu, Komandan Koramil 19 Borobudur, Kapten Arm Sutikno meminta agar babinsa melatih dengan sungguh - sungguh sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar serta tidak ada kendala.

"Latihan kepada para murid-murid agar mereka mengetahui dan mengerti bagaimana tata cara melaksanakan rangkaian upacara dengan cara yang benar dan tidak asal melaksanakan saja tetapi sesuai dengan tata cara dan gerakan-gerakan yang benar," pungkas Kapten Sutikno.
 
Top