JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan dalam menyambut hari jadi Republik Indonesia merangkai berbagai kegiatan lomba.

Camat Pauh Duo Bujang Basri SY, menyebut untuk menyambut hari jadi Rebublik Indonesia yang ke 74 kami dari kecamatan melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, lomba.memasak .

Bujang Basri menambahkan sebanyak 17 kelompok terlibat dalam lomba memasak tersebut, diantaranya masyarakat tingkat Jorong, sekolah sekolah yang ada di kecamatan Pauh Duo yang terdiri dari empat nagari.

Adapun lomba yang dilaksanakan diantaranya berbagai jenis masakan dari ikan serta lomba malamang."Sebutnya.

"Diadakannya kedua lomba tersebut menurut Bujang Basri, seperti lomba masak Ikan untuk memperdayakan pada masyarakat agar lebih gemar makan ikan.

Karena ikan merupakan sumber gizi bagi kesehatan yang berfungsi sebagai membangun sel sel otak manusia.

Lomba Malamang ini adalah berupa jenis makanan tradisi terancam punah, yang biasanya disetiap hari hari besar agama masyarakat Solok Selatan  pada umumnya selalu melakukannya yaitu " Melamang. Namun akhir akhir ini menurut Bujang Basri tradisi Malamang ini sudah hampir punah.

Untuk itu kami dari Pemerintah Kecamatan menggali kembali budaya yang hampir ditinggalkan masyarakat bah kan terancam punah."Paparnya.
(dirman)*.
 
Top