JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Setiap tahun, tepatnya bulan Agustus Bangsa Indonesia memperingati proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Sebagaimana diketahui proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan 17 Agustus 1945 silam. Sejak saat itulah negara Indonesia diyatakan merdeka secara de facto dan de jure.

Tidak bisa kita bayangkan saat ini, betapa perihnya yang dirasakan bangsa indonesia pada masa penjajahan dahulu. Namun sejak dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan itulah, bagsa Indonesia terlepas dari cengraman dan kekejaman para penjajah.

Sebagaimana biasanya dalam merayakan HUT RI ini, di Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) selalu melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera pusaka serta pawai bersama.

Pada peringatan HUT RI ke-74 ini, Kecamatan Pauh Duo kembali melaksa  sanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi di Tanah Lapang Pekan Selasa Sabtu (17/8/19) pukul 09.30 Wib.

Sesaat sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi dimulai, terlihat siswa-siswi SLTA, SLTP, SD, TK dan Paud se Kecamatan Pauh Duo sudah berbaris rapi di tengah teriknya matahari pagi. Begitu juga dengan tamu undangan lainnya sudah menempati posisi dan menunggu dimulainya upacara.

Dalam pelaksanaan upacara camat Pauh Duo Bujang Basri langsung sebagai Inspektur upacara, dan komandan upacara
Bribka Jhon Davidson, pembaca Teks Proklamasi Afrizal Dt Rj Jalil.

Ditempat yang sama seusai upacara camat Pauh Duo Bujang Basri mengatakan," Tahun ini dalam dalam memperingati HUT RI ke 74 telah diadakan berbagai kegiatan antara lain, gerak jalan santai, lomba memasak,panjat batang pinang dan kegiatan lainnya.

Pada acara puncak yang insyaallah diadakan "Malam Resepsi"dihalaman kantor kecamatan pada Minggu malam (18/8) Jelas"Bujang Basri. (dirman)*
 
Top