JA,Sarolangun, Kualitas keislaman seseorang, dimana saat azan subuh berkumandang. Apakah seorang manusia muslim akan bergegas menembus gelapnya subuh atau masih asyik meringkuk menikmati dikasur empuk yang melelapkan tidur. Padahal Rasulullah saw memerintahkan kepada umatnya untuk segera bangkit dari tidur ketika waktu subuh tiba. Rasulullah saw bersabda :,  “Andaikan orang-orang tahu pahala shalat Subuh dan Isya berjamaah di masjid, mereka akan datang sekalipun harus merangkak” . (HR. Bukhari 657 dan Muslim 651).


Keunggulan waktu shubuh ternyata juga diagungkan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun dengan diluncurkannya Program dalam memakmurkan masjid. Dengan salah satu kegiatannya adalah gerakan Sholat shubuh berjemaah (subling) ,

“ Program memakmurkan masjid dengan gerakan sholat zhuhur berjemaah disekolah dan dikantor kantor milik pemerintah serta sholat ashar berjemaah dikantor - kantor instansi Pemerintah merupakan konsep pembangunan mental dan spiritual yang kita terapkan guna  meningkatkan moral dan perilaku pegawai dan anak anak kita sebagai generasi penerus yang mumpuni dan berakhlak mulia. Menurut saya,Berbagai pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah sarolangun pada semua sektor  harus diimbangi dengan pembangunan kualitas moral yang berlandaskan iman “. Jelas Bupati Sarolangun Drs.H.Cek Endra.

Disamping itu H.Cek Endra juga menerangkan, Tidaklah mudah dalam menerapkan Program memakmurkan masjid dengan gerakan sholat berjemaah dimasjid terutama dalam kegiatan shubuh Keliling (Subling) berjemaah dilaksanakan pada  masjid ke- 208 yang dijajaki oleh Bupati beserta jajarannya,

“Untuk menerapkannya tidaklah mudah, butuh proses yang panjang dan sikap dengan kebijakan yang tegas. Dan Kita tidak bosan bosannya mengajak masyarakat dan aparatur pemerintahan kita untuk ikut memakmurkan masjid terutama dalam mengsukseskan shubuh berjemaah. Awalnya mungkin ada unsur keterpaksaan, alhamdulillah sekarang sudah terbiasa (red) “.  Terang H.Cek Endra.

Manfaat shubuh secara ilmu pengetahuan modern juga telah membuktikan bahwa pada waktu subuh terdapat gas ozon yang mengandung persentase oksigen paling tinggi. Presentase oksigen itu semakin berkurang seiring dengan terbitnya matahari. (nal)

 
Top