Magelang -- Direktorat pembinaan pendidikan keluarga bekerjasama dengan dinas pendidikan dan kebudayaan kota Magelang  mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pendidikan keluarga. Sabtu (24/08)

Dalam kegiatan Bimtek yang di Fasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota magelang melalui Dana Bantuan dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga tersebut Juga di hadiri Direktur Pendidikan Keluarga Dr.Sukiman M.pd yang memberikan materi Kebijakan Direktorat Pemb Pend Keluarga dan di buka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang  Agus Sujito M.pd, selain itu acara juga di hadiri Kabid PGTK, Heriyono,M.Pd dan Kabid Dikdas Drs. SAHID, M.Pd.

Sebagai penanggung jawab kegiatan dalam laporannya Dra. SULISTYORINI, M.Pd ( Kabid Paud dan Dikmas ) menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendidikan keluarga kali ini di ikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari pengawas sekolah, Ketua organisasi Mitra ( IGTKI, HIMPAUDI. FORUM PKBM), kepala sekolah PAUD, SD dn SMP, komite sekolah jenjang SD dan SMP serta perwakilan dari  orang tua murid SD dan SMP juga perwakilan dari Pengelola PKBM Se-Kota Magelang
Kegiatan yang di laksanakan dari tanggal 21 sampai dengan 24 Agustus 2019 di Hotel SR Prima Yogyakarta tersebut bertujuan untuk Memberikan Bimbingan teknis kepada para peserta Bintek untuk melaksanakan pendidikan keluarga Yang meliputi Pembiasaan Baik, Pengasuhan Positif, Pemberian Pendampingan Awal bagi anak yang mengalami masalah, Pengasuhan anak dalam menghadapi revolusi industri 4.0, dan dengan melibatkan keluarga dalam pendidikan anak di lembaga pendidikan.

Fasilitator dari Pusat , Kristine menyampaikan bahwa "Pelibatan keluarga dalam pendidikan anak di Lembaga Pendidikan mengacu pada prinsip tri sentra pendidikan Ki Hajar Dewantara, yakni Keluarga, Masyarakat dan Sekolah."

"Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di Lembaga Pendidikan adalah salah satu upaya mensinergikan pendidikan di sekolah lembaga dengan keluarga,  Bentuk keterlibatan keluarga di lembaga pendidikan diantaranya
adalah Sebagai anggota atau pengurus paguyupan sekolah,  Mengikuti kegiatan kelas orang tua  atau menjadi narasumbernya" tambah Kristin.

kegiatan bimtek pendidikan keluarga sangat bermanfaat.Salah satu program dari PKBM karena warga belajar yang heterogen dr semua usia dr usia sekolah smpai orang tua menuntut ilmu di pkbm paket A setara sd.paket B setara smp.paket C setara smu  agar mereka siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0 shg mereka saat lulus mempunyai karakter dan mempunyai jiwa nasionalesme, cinta budaya bangsa Indonesia.

Menurut Imam Baehaqi M.pd salah satu peserta  "Yang paling penting dari bimtek keluarga adalah menindaklanjuti dan merealisasikan  materi-materi yang sudah disampaikan di dalam bimtek tersebut  di sekolah masing-masing, bekerjasama antara sekolah, komite sekolah
 dan paguyuban orang tua agar anak-anak lebih siap  dalam menghadapi revolusi industri 4,0 dengan tetap  berpegang pada  karakter dan budaya bangsa Indonesia" terangnya.

Narasumber kegiatan bimtek penyelenggaraan  pendidikan keluarga antara lain Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga , Plt Kepala Dinas Pend n Kebud Kota Magelang, Fasilitator dari Pusat dan 3 orang Fasilitator Daerah yang telah mengikuti PCP Dra. Eny Maritaningsih, Aminah Purwanti, S.Pd, Rinto, S.Kom. (Rny/fit)
 
Top