JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi pimpin apel pagi pertama di halaman kantor bupati setempat, Selasa (20/8). Sekda Irwandi yang baru dilantik Bupati Irdinansyah Tarmizi beberapa hari lalu itu, sebelumnya menjabat Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung.

"Kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus punya integritas dan budaya kerja, hidup adalah pengabdian, mengabdi pada keluarga, daerah dan negara," kata Irwandi, Selasa (20/8) di Pagaruyung, Tanah Datar.

Dikatakannya, dari budaya kerja ASN yang telah dilaunching Pemerintah Daerah Tanah Datar beberapa waktu lalu yaitu Cerdas, Cepat, Cermat, Dedikasi, Disiplin dan Inovatif (3C2DI), ia berharap ASN dapat memahami dan melaksanakannya.

"Sebagai ASN yang melayani masyarakat harus cerdas IQ, cerdas emosi dan cerdas spiritual, karena itu merupakan satu kesatuan yang menjadikan ASN profesional ditambah kesigapan, teliti, berdedikasi dan disiplin yang tinggi," jelasnya.

Lebih lanjut, kedepan pihaknya akan berupaya melakukan perobahan terhadap mindset ASN di lingkungan pemkab Tanah Datar, termasuk disiplin, karena menurutnya disiplin atau mentaati aturan itu harus diterapkan dalam jiwa ASN kalau memang ingin menjadi lebih baik lagi.

"Kita akan membangun ASN yang berintegritas melalui disiplin dan pengabdian, seperti filosofi hidupnya, hidup adalah untuk pengabdian," ucapnya.

Dari jabaran 3C2DI itu diulasnya dari 3 menjadi 2 dan 1 yaitu Inovatif. "Yang menjadi inti dari inovatif itu perubahan, jadi kita menuju perobahan pola pikir dari kebiasaan lama untuk menuju ke arah yang lebih baik, "ulasnya.

Irwandi, M.Si yang bergelar Datuk Maruhun Sati dan juga hobi membaca dan pekerja keras ini menginginkan 3C2DI ini diterapkan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bahkan dibuat standarnya sehingga dapat diukur dan terintegrasi dengan baik. (MG)
 
Top