Srumbung - Serma Suparno  Babinsa Jerukagung Koramil 16/ Srumbung Kodim 0705/Magelang melaksanakan pemdampingan kepada Kelompok Tani Cabe Brojonegoro di Dusun Cempan Desa Jerukagung, Srumbung Magelang, Senin (26/8).

Suparno menyebutkan, kegiatan pendampingan panen raya cabai tersebut merupakan salah satu upaya khusus jajaran TNI di wilayah dalam rangka meningkatkan hasil tani untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Untuk lahan-lahan dengan sumber air mencukupi kita dorong para petani untuk menanam padi, namun untuk lahan kering tentu disesuaikan dengan tanaman yang lebih cocok seperti cabai dan hortikultura yang lain" terang Suparno.

Sugiharto,  Ketua Kelompok Tani Brojonegoro menyampaikan bahwa panen raya perdana kali ini di hadiri  kelompok tani dari 5 Kecamatan antara lain Kecamatan Srumbung, Dukun, Muntilan, Sawangan dan Ngluwar. Luas lahan yang di panen 5 hektar dengan umur tanaman 100 hari mampu menghasilkan 6 ton cabai dalam 1 hektarnya.

"Dengan hasil usaha tanaman cabai, yang kali ini bekerjasama dan kemitraan  antara PT Indofood dan masyarakat Dusun Cempan Desa Jeruagung yang keseharian adalah sebagai petani, sangat membantu meningkatkan perekonomian para petani yang artinya juga mendukung program pemerintah dalam Ketahanan Pangan Nasional" ungkap Sugiarto.

Di tempat yang sama Kades Jerukagung Tri Wartanta menambahakan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada babinsa, penyuluh dan pihak terkait yang telah rutin melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah Desa Jerukagung.
 
Top