JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Sedikitnya 15 ekor sapi, dari 25 ekor sapi kurban Keluarga Besar RSUD Prof. DR. M. Ali Hanafiah, siap untuk disumbangkan kepada 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Kepala RSUD Prof. DR. MA Ali Hanafiah Batusangkar dr. H. Afrizal Hasan mengatakan, pelaksanaan ibadah qurban di instansi yang dipimpinnya sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya.

“Tahun lalu kita laksanakan Qurban di kantor dan mengantarkan daging ke daerah yang masyarakatnya dirasa membutuh. Untuk tahun ini, Alhamdulillah ada 25 sapi yang 15 sapi diberikan kepada 14 kecamatan di Tanah Datar, dimana data lokasi peruntukannya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait,” kata dr Afrizal Hasan, Jumat (9/8) di Batusangkar.

Afrizal menambahkan, 25 ekor sapi qurban berasal dari 175 pegawai RSUD dengan dana terkumpul Rp.385 juta.

"Di kantor RSUD M. Ali Hanafiah kita juga akan laksanakan qurban 10 ekor sapi, di mana dagingnya nanti akan dibagi kepada masyarakat sekitar dan juga diberikan ke panti asuhan sekitar kota Batusangkar berupa daging yang sudah dimasak. Terima kasih atas dukungan semua pihak terutama jajaran RSUD yang berqurban, semoga amal ibadah kita dibalas oleh Allah SWT dengan pahala setimpal,” ujar lelaki yang dikenal dekat dengan semua kalangan ini.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di hadapan Kepala RSUD M. Ali Hanafiah dr. H. Afrizal Hasan, Kabag Humas dan Protokol Setda Yusrizal, Dewan Pengawas serta seluruh jajaran RSUD dalam acara Penyerahan Hewan Qurban RSUD Prof. DR. M. Ali Hanafiah SM Batusangkar ke-14 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar mengatakan, banyak hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa asal muasal ibadah qurban bagi umat muslim.

"Ujian keimanan, ketabahan bahkan demokrasi mendengar pendapat ada dalam peristiwa Nabi Ibrahim diperintahkan untuk mengorbankan anaknya Nabi Ismail, kita telah tahu sejarahnya. Namun yang terpenting, kalau masih ada niat terpaksa ataupun tidak ikhlas, segera perbaiki niat sehingga ibadah ini dinilai pahala oleh Allah SWT,” katanya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pegawai maupun keluarga pegawai RSUD M. Ali Hanafiah yang telah melaksanakan ibadah qurban.

“Alhamdulillah, pegawai rumah sakit ini mampu berqurban 25 ekor sapi, ini luar biasa dan semoga menjadi contoh bagi instansi lain. Tentu saja juga diharapkan tepat sasaran, sehingga amal ibadahnya sampai kepada Bapak Ibuk yang berkurban,” tutup Irdinasyah Tarmizi. (MG)
 
Top