JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Kasus positif Covid-19 Corona bertambah 2 orang di Tanah Datar, sehingga total ada 6 orang positif, 1 orang sudah dinyatakan sembuh, kasus meninggal Covid-19 nihil, ODP 21 orang, PDP 2 orang dan notifikasi 2.449 orang.

Jubir Penanganan Covid-19 Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan, dua orang warga Kabupaten Tanah Datar ini berasal nagari Panyalaian Kecamatan X Koto. Mereka adalah inisial Ny. E (65 tahun) dan Z (1 tahun), adalah orang tua perempuan dan keponakan dari pasien positif covid-19 NS, telah dinyatakan positif terpapar covid-19 berdasarkan hasil tes yang dikeluarkan oleh laboratorium mikro biologi fakultas kedokteran Unand Padang.

"Setelah mendapatkan informasi ini terkait bertambahnya dua orang warga Tanah Datar positif Covid-19, tim gugus tugas Kabupaten Tanah Datar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan tracking terhadap kontak erat dengan dua warga yang baru dinyatakan positif Covid-19, kontak erat yang dimaksudkan adalah sejak tanggal 26 April kemarin sampai hari ini," kata Roza Mardiah Minggu (3/5) di Batusangkar.

Sementara kapada dua warga yang positif hari ini juga dilakukan pemeriksaan fisik di RSUD Prof. Dr. MA Hanafiah SM Batusangkar. Hal ini dimaksudkan apabila kondisi kesehatannya tidak bagus maka akan langsung dilakukan isolasi di rumah sakit, sementara kalau kondisi fisiknya bagus akan dikarantina di pusat karantina Provinsi Sumatera Barat.

Roza juga mengharapkan kepada masyarakat yang merasa dirinya ada kontak erat dengan 2 orang yang positif Covid 19 sejak tanggal 26 April kemarin diharapkan untuk segera melaporkan dirinya kepada petugas, hal ini dimaksudkan agar bisa segera dilakukan tes dan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kepada masyarakat yang merasa ada kontak erat kami harap langsung melapor ke petugas puskesmas setempat, kondisi seperti ini perlu kerjasama dan kesadaran bersama, jangan hanya menunggu petugas yang datang melakukan tracking," katanya.

Sekda Irwandi menjelaskan, pada hari ini juga pihaknya melakukan rapat terbatas bersama camat dan wali nagari se-kecamatan X Koto guna melakukan langkah-langkah dan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Selain kita kumpulkan seluruh wali nagari dan camat, kita juga akan memperketat pengawasan terhadap aktivitas masyarakat terutama di nagari Panyalaian," pungkas Sekda Irwandi. (MG)
 
Top