JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Menyikapi perkembangan situasi di lapangan, Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri sangat konsen dengan kesiapan tenaga medis dalam melayani pasien, terkhusus bagi pasien terpapar Covid-19.

Sejak beberapa hari belakang, sudah hampir seluruh Puskesmas yang dikunjungi untuk memastikan kesiapan tenaga medis, dalam menghadapi pasien terpapar corona itu.

Setelah beberapa Puskesmas yang dikunjungi, hari ini, Jum’at (15/5), Bupati Agam yang didampingi beberapa pimpinan OPD kembali mengunjungi beberapa Puskesmas yakni, Puskesmas Lubuk Basung, Puskesmas Batu Kambing, Puskesmas Balai Ahad dan Puskesmas Lasi.

Indra Catri menyebutkan, Agam berbeda dengan daerah lain. Mungkin saja daerah lain Puskesmas dan rumah sakit sebagai front terdepan dalam mengatasi Covid-19, tetapi di Agam justru menjadi benteng terakhir.

Hal ini karena telah diterapkannya berbagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lapangan. Langkah yang dimaksud yaitu, telah diterapkannya social dan physical distancing mulai dari kecamatan, nagari hingga jorong.

“Implementasi social dan physical distancing ini dengan cara tidak pergi ke pasar bila tidak terlalu penting, jagak jarak, hindari kerumunan dan lainnya,”

Bila ini sudah dilaksanakan dan masih terpapar, kata Indra Catri perlu dilakukan tracing and swab, seperti yang dilakukan terhadap beberapa warga Agam yang terpapar Covid-19 beberapa hari lalu.

Kemudian dilakukan test pool dan terakhir baru di bawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Itu pun pasien tidak boleh melebihi 30 menit di Puskesmas. Semakin lama di Puskesmas, semakin besar kemungkinan ia memaparkan.

“Maka untuk memperkuat Puskesmas dan rumah sakit dalam menghadapi ini, perlu kelengkapan APD bagi tenaga medis. Karena tidak tertutup kemungkinan tenaga medis juga ikut terpapar Covid-19,” sebutnya.

Untuk Puskesmas yang dikunjungi hari ini, masing-masing Puskesmas Lubuk Basung diserahkan APD berupa baju hazmat 30, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 20.

Puskesmas Batu Kambing baju hazmat 50, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 30. Puskesmas Balai Ahad baju hazmat 30, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 30. Puskesmas Lasi baju hazmat 30, hand sanitizer 4 botol , rapid test 20 dan shower cup 100.


* Pandu *
 
Top