JA.com, Padang (Sumatera Barat)-- Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) menyalurkan bantuan sembako untuk kalangan insan pers di Sumbar.

Bantuan itu sebagai wujud kepedulian Pokdar Kamtibmas terhadap kondisi awak media yang turut  terdampak ekonomi akibat pandemi Coronavirus (Covid-19).

"Jurnalis sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi-informasi terkini perihal Covid-19, terus menyuguhkan berita-berita aktual dan berimbang. Meski kondisi sosial ekonomi sangat jauh dari harapan, para jurnalis masih setia menghadirkan info terupdate untuk masyarakat, bangsa dan negara," ujar Triski,  Ketua Pokdar Kamtibmas Sumbar usai menyerahkan bantuan aecara simbolis kepada Sekretaris Ikatan wartawan Online (IWO) Sumbar Irwandi Teha, di Kantornya Jalan Kamang No. 22 Jati Padang.

Menurut Triski yang didampingi Waka Sekretaris Pokdar Kamtibmas Yeni KDI, serta sejumlah relawan, bantuan ini merupakan implementasi rasa simpatik dan kepedulian pada  jurnalis atau wartawan terus turun ke lapangan menyampaikan informasi, di saat pemerintah menganjurkan masyarakat lainnya untuk social distancing atau di rumah aja.

"Kehidupan dan cara kerja kita sangat berbeda pada tahun ini, kalo tahun-tahun sebelumnya wartawan berdesakan mencari informasi, tapi sekarang harus menjaga jarak aman (physical distancing) dikarenakan adanya wabah Covid-19," terang Triski.

Sebagai sosok aktivis sosial, Triski sangat pahamnbahwa Insan media sebagai garda terdepan dalam memberitakan dan mewartakan, jelas punya tantangan berat di saat pandemi covid-19 ini. Karena mereka juga keluarga, istri dan anak yang juga rentan terpapar covid-19. Karena dalam bertugas, wartawan berkomunikasi dengan banyak orang.

"Karena itu,  mari kita bersama-sama menebar kebaikan di tengah Pandemi Covid-19, jaga kesehatan dan kebersihan, pakai masker dan rajin mencuci tangan dan tetap mengikuti himbauan dari Pemerintah untuk tetap di rumah. Keluar rumah hanya untuk urusan yang sangat pwnting saja,” ujar Triski.

Sebagai organisasi sosial yang underbownya Polri, Pokdar Kamtibmas dalam tupoksinya lebih banyak melakukan sosialisasi dan penyuluhan demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat. Terkhusus membantu tugas tugas kepolisian guna memberikan rasa aman pada masyarakat.

* ms/rls *
 
Top