JA.com, Agam (Sumatera Barat)--  Seorang warga Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, yang masuk cluster pasar Raya Padang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru bicara Covid-19 Kabupaten Agam, Khasman Zaini di Lubuk Basung, Selasa (26/5) menyebutkan, warga Agam yang masuk cluster pasar raya Padang ini berjenis kelamin laki-laki dengan inisial IRJ (20). Ia terkonfirmasi positif Covid-19 setelah mengikuti swab test masal di Kota Padang.

"Setelah hasil test keluar, ternyata 1 orang diantaranya positif berasal dari Agam," ujarnya.

Menurut Khasman, IRJ berdagang di pasar raya Padang bersama kakaknya. Diduga ia pernah kontak dengan warga yang positif Covid-19, karena di pasar itu banyak warga yang terpapar. Sehingga dilakukan swab test masal oleh tim GTP2 Covid-19 Kota Padang.

"Informasi yang kita terima dari Dinas Kesehatan Agam, hasil swab testnya keluar hari pertama lebaran 1441 hijriyah dan kemarin kembali dilakukan swab test," ujarnya.

Kemarin IRJ sudah dibawa ke Bapelkes Padang untuk dirawat, yang diantar langsung oleh tim RSUD Lubuk Basung.

Mirisnya kata Khasman, IRJ sempat melakukan beragam kegiatan di kampung halaman, bahkan ikut melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid dan bersilaturahmi ke rumah keluarga.

Setahu ia positif, GTP2 Covid-19 Agam langsung bergerak cepat untuk melakukan tracing terhadap siapa yang pernah kontak dengan IRJ, supaya tidak terjadi transmisi lokal.

Melalui tracing, kemarin 58 orang yang kontak dengan IRJ termasuk jamaah masjid dilakukan swab test.

"Bagi warga yang sudah diambil swab testnya, diminta untuk mengisolasikan diri di rumah sampai dipastikan mereka tidak terpapar Covid-19. Kita berharap tidak terjadi penambahan kasus di Agam," sebut Khasman.

* Pandu *
 
Top