JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Nagari Pasar Muara Labuh, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan Sumbar pertama cairkan bantuan sosial tunai  (BST) yang bersumber dari dana desa (DD)/nagari, yang telah dampak Covid 19.

"Alhamdulillah, Jum'at 15 Mei, bertempat di halaman kantor wali nagari, kami sudah mulai menyalurkan BTS  kepada 144 Kepala Keluarga yang terdampak,"sebut Pj Wali Nagari Pasar Muaralabuh, Efririzal AMd.

Menurut Efrizal, BST tersebut diberikan selama 3 bulan, terhitung April - Juni 2020, dengan jumlah Rp. 600.000/bulan/KK. Dan untuk penyerahannya tahap pertama ini diberikan selama 2 bulan sekaligus, yakni April dan Mei sebesar Rp. 1,2 juta.

Ia juga mengucapkan syukur dan terimakasihnya pada  berbagai pihak atas realisasinya  BLT Dana Desa di Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.

"Ucapan terima kasih kita sampaikan kepada semua pihak, sehingga nagari Pasar Muara Labuh berhasil memulai penyaluran DD untuk pertama kalinya di Solsel," ujarnya.

Dikatakannya, BTS tersebut dapat disalurkan berkat kerjasama dengan pihak Bank Nagari Cabang Muara Labuh. penyalurannya cash/ tunai, nanti pihak Bank Nagari menunjuk karyawannya untuk menyerahkan secara langsung  di Kantor Wali Nagari.

Efrizal yang baru beberapa bulan menjabat tersebut menambahkan bahwa pihaknya sangat mendukung transparansi penyaluran bantuan dengan menempelkan para penerima bantuan di kantor wali nagari dan tempat strategis lainnya.

Pihaknya juga siap untuk memfasilitasi jika memang nanti ada warganya yang membutuhkan bantuan akibat terdampak covid, namun belum termasuk dalam skema penerima bantuan yang ada, untuk dilaporkan ke dinas sosial untuk mendapatkan bantuan lain yang telah disiapkan Pemkab Solsel.

Saat ini menurutnya baru disalurkan bantuan PKH, Bantuan Pangan Non Tunai, BTS Propinsi, dan BTS Dana Desa. Sedangkan BTS Kemensos dan BTS Kabupaten masih dalam proses pencairan dari pihak terkait.

"Kita juga minta masyarakat bersabar, karena semua bantuan tersebut butuh verifikasi dan juga kehati-hatian, agar tidak terjadi permasalahan nantinya. Mudah-mudahan bantuan-bantuan tersebut bisa dicairkan sebelum lebaran," ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari website nagari, pasarmuaralabuh.desa.id, Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan memberikan apresiasi kepada Efrizal selaku Wali Nagari Pasar Muara Labuh beserta Perangkat, karena telah bertindak cepat dengan menjadi Nagari pertama (pacah taluah) yang telah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) di Kabupaten Solok Selatan.

"Ini bak ibarat mandi di pincuran. Dengan telah diserahkan/ disalurkannya BST - DD di Nagari Pasar Muara Labuh hari ini, maka nagari-nagari lain akan mengikuti selanjutnya," ungkapnya.

"Kemudian dengan adanya penyaluran BTS - DD ini akan membangkitkan roda perekonomian untuk masyarakat Nagari Pasar Muara Labuh khususnya Solok Selatan umumnya", ujarnya.

Dari data yang ada, untuk Nagari Pasar Muara Labuh sendiri, terdapat total 574 KK yang telah dan akan mendapatkan alokasi bantuan dari berbagai sumber. Dari Kementerian Sosial sebanyak 57 KK, BTS Propinsi Sumbar 34 KK, BTS Kabupaten Solsel : 215 KK, BTS - Dana Desa : 144 KK, dan ditambah dengan sumber bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

* dirman *
 
Top