JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Solok Selatan pastikan pencairan penerima BLT di 33 Nagari selesai sebelum lebaran dari 39 nagari yang ada.

Sebanyak 7825 Kepala Keluarga Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Solok Selatan dialokasikan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa/Nagari. Total maksimal anggaran yang disediakan berdasarkan PMK 35/2020 adalah sejumlah Rp 14,084 Miliar.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman dalam laporannya ketika mengikuti video conference bersama Sekjen Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Anwar Sanusi dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, di Padang Aro, Selasa 19/5.

Plt. Bupati juga menjelaskan bahwa hingga Selasa 19/5 ,dari 39 Nagari di Solsel tercatat sudah 9 nagari yang menyalurkan BLT tersebut. Kemudian besok (Rabu) direncanakan 5 nagari lagi. Terus berlanjut hari berikutnya. Namun diakui tidak semua nagari yang bisa menyelesaikannya sebelum lebaran ini.

"Insya Allah sebelum lebaran dapat diselesaikan 33 Nagari. Dan 6 nagari lagi baru diselesaikan setelah lebaran, setelah penyaluran Dana Desa Tahap ke II diselesaikan," terang Rahman.

Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solsel Zulkarnaini juga menjelaskan, bahwa dari 39 nagari, terdapat 33 nagari yang diyakini tuntas penyaluran Dana Desa/Nagari sebelum lebaran.

"33 Nagari Insya Allah selesai penyalurannya sebelum lebaran. Sedangkan 6 nagari lain masih dalam proses pengajuan dana desa Tahap II, karena dana Tahap I nagari tersebut sudah dibelanjakan. Namun masih terus diupayakan agar 6 nagari tersebut juga selesai sebelum lebaran," terangnya.

* ril/ dirman*
 
Top