JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat asal pemilihan Tanah Datar memberikan bantuan APD bagi tenaga medis dan petugas penanganan covid-19. Bantuan APD tersebut diterima Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Sabtu (2/5) kemarin di posko gugus tugas percepatan penanganan covid-19 gedung Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Diwakili Arkadius Dt. Intan Bano, rombongan menyebutkan bantuan ini merupakan atas kesepakatan bersama dan diantarkan langsung secara bersama pula, sehingga diharapkan dapat terdistribusikan dengan baik.

Anggota DPRD Provinsi asal pemilihan Tanah Datar lainnya yaitu Hendra Irwan Rahim, Mesra, Jefri Masrul dan Budiman Dt. Malano Garang, dan sebelumnya juga telah memberikan bantuan APD untuk Kota Padang Panjang.

"Kami mendapatkan informasi dari membangun komunikasi bersama Sekretaris Daerah, Kalaksa BPBD, dan Dinas Kesehatan, didapatlah hal-hal strategis, pertama menyangkut gugus tugas, sub gugus tugas, check point dan posko-posko diperbatasan, dan yang sangat dibutuhkan adalah masker, sarung tangan dan hand sanitizer, ini juga segera akan diberikan bantuan, "ucap Arkadius.

Namun saat ini sampai Arkadius, posko gugus tugas yang juga akan melaksanakan protokol covid, seperti petugas pemakaman harus memakai APD lengkap seperti pakaian hazmat, tenaga medis di Rumah Sakit (RS) untuk 1 RS M. Ali Hanafiah, 23 puskesmas, 67 pustu dan 130 puskesri yang merupakan garda terdepan melayani masyarakat yang berobat, maka ini yang didahulukan.

Untuk jenis bantuan disampaikan Arkadius, RSU M. Ali Hanafiah 50 baju hazmat, puskesmas masing-masing 30 baju, pustu dan puskesri masing-masing 1 baju, gugus tugas 50 baju dengan total baju hazmat yang diserahkan ke Tanah Datar sebanyak 987 baju hazmat.

Sepatu boot untuk RSUD M. Ali Hanafiah sebanyak 10 pasang, puskesmas masing-masing 5 pasang dan gugus tugas 20 pasang dengan total 145 pasang, thermo gun sebanyak 31 buah.

"Dalam waktu dekat kita juga akan memberikan bantuan berupa sprayer, desinfectan, masker dan hand sanitizer, " tambah Arkadius.

Sebelumnya Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH didampingi Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Sekretaris Daerah Irwandi, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Kadis Kominfo Abrar, Inspektur Altri Suandi mengatakan, bantuan yang diterima saat ini cukup banyak, untuk itu atas nama Pemerintah Daerah, Wabup sampaikan ucapan terima kasih pada DPRD Provinsi Sumbar.

"Untuk menghadapi wabah covid-19 ini kita pemerintah daerah juga telah melakukan refocusing anggaran dari seluruh OPD, namun itu belum juga menyelesaikan masalah untuk mengatasi Covid-19 ini, dengan adanya bantuan ini kita pemda sangat terbantu," simpulnya. (MG)
 
Top