JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Badan Amil Zakat nasional (BAZNAS) Solok Selatan dari Januari hingga April 2020 telah menyalurkan bantuan 1Miliar lebih.

Berbagai bantuan terus disalurkan kepada masyarakat di Solok Selatan. Kali ini Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Solok Selatan serahkan bantuan kepada warga terdampak. Penyerahan dilakukan oleh Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di ruangan kerjanya, Rabu 20/5.

Bantuan tersebut diberikan kepada 1939 orang dari berbagai unsur, yakni para guru dan pegawai honor, mubaligh, pedagang kecil di sekolah, tukang ojek, dan tukang parkir di Solok Selatan. Terhitung Januari hingga April 2020 ini telah disalurkan bantuan sebesar Rp. 1,067 Miliar.

Plt. Bupati berharap agar bantuan yang disalurkan Baznas yang berasal dari para Muzakki tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya di musim sulit akibat pandemi covid ini

"Manfaatkan sebaik-baiknya, dan tentukan kebutuhan mana yang betul-betul harus kita siapkan di rumah," pesannya

Sementara itu, Ketua Baznas Kab. Solsel, H. Soewandi Syuib mengatakan bahwa bantuan tersebut terdiri dari bantuan dampak covid bagi pedagang kecil di sekolah, tukang ojek dan tukang parkir, dengan total Rp 200 juta

"Ada 400 orang untuk pedagang kecil dan lainnya ini. Masing masing mendapat Rp. 500 ribu atau sembako senilai itu. Sumber dananya dari Baznas Propinsi 100 Juta, dan Baznas Kabupaten Rp. 100 juta. Separoh diberikan berupa uang tunai, sedangkan separoh lainnya berupa sembako," ujarnya merinci

Kemudian untuk pegawai dan guru honor sebesar Rp. 375 Juta. Diberikan untuk 1500 orang. Dimana masing masingnya mendapatkan Rp. 250 ribu

Selanjutnya juga diberikan bantuan untuk Mubaligh senilai Rp 39 Juta (25 juta dana propinsi, dan 14 juta dari kabupaten). Masing-masing mendapatkan Rp 1 juta.

Soewandi juga menjelaskan bahwa, bantuan menjelang lebaran ini, ditambah dengan bantuan melalui program-program yang digulirkan, sejak Januari - April 2020, jika ditotal jumlahnya mencapai Rpm1 Milar lebih.

Ria, salah seorang tenaga honorer yang menerima bantuan tersebut secara simbolis, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pemberi zakat (muzakki) dan pada Baznas yang telah mengelola zakat tersebut.

"Terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan. Sungguh sangat membantu kami semua. Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit akibat wabah ini," terang Ria.

* ril/dirman *
 
Top