JA.com, Solok Selatan, (Sumatera Barat)--Sebanyak 84 % KK dI Solsel dapatkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari berbagai sumber pendanaan.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Kementerian Sosial sebanyak 6206 Kepala Keluarga (KK) mulai disalurkan hari ini di Solok Selatan, Sabtu (30/5/20). Penyaluran bantuan tersebut diterima langsung oleh masyarakat  melalui PT. Pos Indonesia yang langsung turun ke lapangan.

"Sampai saat ini BLT terus disalurkan. Termasuk hari ini telah dimulainya penyaluran BLT dari Kementerian Sosial untuk 6206 KK," terang Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro.

Rahman berharap agar bantuan-bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup sehari-hari.

"Gunakan BLT tersebut dengan membelanjakannya untuk hal-hal yang penting. Jangan gunakan untuk membiayai hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti pembelian rokok, dsb. Utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu," pesannya.

Selanjutnya, untuk BLT yang bersumber dari Dana APBD Kabupaten Solok Selatan, dijadwalkan penyaluran dimulai hari Selasa besok (2/6) oleh Bank Nagari di kantor wali  nagari masing-masing.

"Mulai tanggal 2 Juni besok (Selasa), juga dijadwalkan penyaluran dana BLT Kabupaten yang dilakukan bertahap setiap harinya," ujarnya.

Dana dari APBD Kabupaten yang digunakan untuk BLT tersebut mencapai Rp. 32 Miliar yang diambilkan dari refokusasi anggaran dari berbagai OPD.

Sementara itu, Kadis Sosial dan PMD Zulkarnaini mengatakan bahwa dari semua skema bantuan yang disalurkan, sebanyak 84% masyarakat akan mendapatkan BLT dan bantuan lain.

Meningkat dari perkiraan sebelumnya sebanyak 77%, dikarenakan adanya kenaikan alokasi anggaran BLT dari Dana Desa/Nagari. Total penerima bantuan tercatat hingga 41.749 KK, atau lebih kurang 84% dari jumlah total KK di Solsel (Total KK di Solsel 49.689 KK).

"Sebanyak 6194 KK dari Dana Desa/Nagari, 6206 KK dari Kemensos, 3463 dari dana propinsi, 8745 KK dari bantuan PKH dan Sembako, serta 17141 KK bersumber dari APBD Kabupaten Solok Selatan," ujarnya rinci.

Ia juga menjelaskan bahwa selain jumlah di atas, masih ada 400 KK lagi masyarakat yang mendapatkan BLT yang disalurkan langsung oleh pihak kepolisian.

* ril/dirman *
 
Top