JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Berdasarkan hasil dari Laboratorium Biomedik Unand Padang, Kabupaten Agam bertambah satu kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayahnya. Hingga hari ini Sabtu (9/5/2020) total kasus positif sebanyak 14 orang.

Dari kasus tersebut juga menambah daftar tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Agam yang terpapar corona, sebelumnya 9 Nakes telah terlebih dahulu dinyatakan positif.

Saat dikonfirmasi jurnalandalas.com, Sabtu (9/5/2020) sore, Kepala Dinas Kesehatan Indra Rusli membenarkan informasi yang dia terima tersebut.

Dikatakannya, salah satu bidan desa di nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung dengan inisial BP (32) positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil dari Laboratorium Biomedik Unand Padang yang diterimanya pagi tadi.

Dijelaskannya, dari penyelidikan dan tracing tahab I dari salah satu petugas medis yang terpapar tersebut yakni petugas labor Puskesmas Lubuk Basung inisial WM, didapati 100 orang yang telah melakukan kontak erat dengannya.

“Baik kontak erat WM dirumah dan di kampung halamannya, maupun kontak erat di lingkup pekerjaan dalam sehari-hari,”ujar Kadinkes Kesehatan Agam ini

Diungkapkan Indra, dari 100 orang tersebut dilakukan tes swab yakni pengambilan sampel spesimen lendir di saluran pernapasan yang dilakukan Rabu (5/5/2020) dan dari 100 sample yang dikirim di labor Unand Padang, hari ini, cuma BP yang dinyatakan positif COVID-19,” sebut Indra.

“Saat ini, tenaga medis kita yang terpapar COVID-19  tersebut sudah menjalani isolasi di Padang dan keluarga juga menjalani isolasi mandiri dirumahnya” pungkas ujar Indra Rusli.

Kepala Bagian Protokol-Komunikasi Pimpinan (Pro-KP) Sekab. Agam, Khasman Zaini dalam sioaran Persnya menyebutkan, ampai hari ini warga Agam berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 367 orang, bertambah 102 dari hari kemaren yang berjumlah 265. Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 42 orang angka ini turun dari hari sebelumnya yang 46 orang.

“Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 6 orang. Hari ini jumlah kasus positif naik 1 orang sehingga total pasien positif civid-19 di Kabupaten Agam adalah sebanyak 14 orang,”sebut Khasman.

Disampaikan Khasman juga, tambahan 1 orang pasien positif tersebut berdasarkan hasil swab yang dilakukan oleh Laboratorium Biomedik Universitas Andalas Padang terhadap sampel yang dikirimkan oleh Dinkes Agam.

Berdasarkan surat yang ditandatangani oleh Kepala Laboratorium Biomedik Unand Padang, Andani Eka Putra, disebutkan bahwa:

1. 1 (satu) sampel dengan inisial BP ditemukan positif.
2. 3 (tiga) sampel dengan inisial (PY, DY, dan NY) ditemukan hasil inconclusive dan akan dilakukan pemeriksaan ulang.
3. 96 (delapan puluh satu) sampel ditemukan negatif.

* Pandu *
 
Top