JA.com, Solsel (Sumatera Barat)--Untuk menerapkan protokol Covid 19 pintu gerbang masuk Pasar Muaralabuh ditetapkan satu pintu saja.

Penutupan sebagian pintu masuk pusat perbelanjaan terbesar di Solok Selatan itu dilakukan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Solok Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Pasar (UPT) Pasar Muaralabuh bekerja sama dengan, Camat, Wali Nagari, kepala Jorong Pemuda Nagari, tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan jual beli di pasar Muaralabuh akan tetap berjalan, namun untuk akses masuk menuju pasar tersebut dibuka satu pintu saja. Hal ini diterapkan dalam pengendalian corona virus disease (Covid) yang lagi mewabah.

Masyarakat dan pedagang boleh masuk ke pasar Muaralabuh hanya dengan melewati satu pintu yaitu disimpang pasar baru Muaralabuh, jalur dua depan toko Citra Jaya.

Sebagian pintu masuk seperti di jembatan depan masjid Nurul Yaqin Kampung Palak, jembatan belakang pasar dari arah Sigintir  akan ditutup total.

Hal ini disampaikan oleh ketua Unit Pelaksana Teknis UPT Pasar Muaralabuh Osmal Hendri kepada Media dipasar Muaralabuh, Sabtu (9/5).

Bagi warga yang keluar masuk pasar diwajibkan untuk makai masker dilakukan penyemprotan  tidak ada pengecualian. Tujuan  adalah agar bisa mengatur orang masuk pasar  guna untuk memutus mata rantai virus Corona pasca di umumkan 3. Orang warga Solok Selatan positif Covid 19.

"Penertiban dan penutupan sebagian pintu masuk ke pasar Muaralabuh ini berlaku di setiap hari pasar yaitu hari Senin, Kamis dan Minggu,"sebutnya.

Sementara itu Wali Nagari Pasir Talang Selatan Zoni Marjis didampingi Sekrestaris Nagari Riki Suriandi, kepala Jorong Kampung Palak Sandro mengatakan, Untuk penertiban ini pihak UPTD dan Nagari  bekerja sama dengan TNI- Polri, Dinas Perhubungan agar penertiban ini berjalan sesuai SOP Covid-19.

Pasar Muaralabuh ini selalu dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah, diharapkan agar mematuhi aturan, memakai masker, jaga jarak dan jangan berlama lama didalam pasar agar virus covid ini bisa diatasi.

"bagi pengunjung yang tidak mematuhi aturan sesuai protokol Covid seperti pakai masker,jaga jarak,mohon maaf petugas kami akan suruh putar balik," tegasnya.

*  dirman *
 
Top