JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintahan Nagari Pasir Talang Selatan, kecamatan Sungai Pagu berdayakan 15 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di nagari tersebut dalam pengadaan masker non medis.

"Setidaknya 3.000 lembar masker dalam rentang waktu tiga hari,pelaku UMKM di nagari ini telah mampu memproduksi masker non medis," sebut wali nagari  setempat, Zoni Marjis.

3.000 lebih masker dari Pemerintah Nagari ditambah 4.00 lembar masker dari Pemerintah Kabupaten Solsel di bagikan pada,warga masyarakat nagari Pasir Talang Selatan,seba  gai antisipasi penanggulangan wabah Covid 19. Sabtu 2 April 2020.

" sebelumnya, kita memanggil pelaku UMKM di nagari membicarakan pengadaan masker untuk dibagikan pada masyarakat, dan saat itu disepakati mereka semua pelaku UMKM bersedia untuk membuatnya, " terang  sekretaris Nagari," Riki Suriandi.

Para pelaku UMKM ini adalah para warga  masyarakat nagari  yang sudah pernah mengikuti pelatihan menjahit, dan ini adalah kesempatan kita untuk meberdayakan mereka serta sekaligus sebagai evaluasi terhadap hasil pelatihan menjahit yang sudah pernah mereka ikuti yang dilaksanakan oleh nagari," tambah Nike Kumala yang juga personil kantor wali nagari.

Upaya ini dilakukan dengan cara memberikan desain, bahan kelengkapan masker, dan pelaku UMKM  tinggal mengerjakan saja. Sehingga ketersediaan masker dalam jumlah banyak untuk waktu yang singkat dapat terselesaikan dengan baik," demikian Nike Kumala.

* dirman *
 
Top