JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Hujan lebat yang mengguyur dari siang, membuat sungai meluap dan menggenangi sawah serta rumah warga di Solok Selatan.

Dalam hitungan jam saja, hujan lebat disertai petir kencang mengguyur Solok Selatan, sejumlah anak sungai meluap dibeberapa daerah.

Hujan lebat disertai petir ini terjadi pada hari Minggu (12/4) sekira pukul 15.30 Wib membuat cemas warga.

Hasil pantauan jurnalandalas.com disejumlah titik di Nagari Sako Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu dijorong Mudik Lolo Timur Solok Selatan, sejumlah rumah, sawah penduduk tergenang air, serta sejumlah kolam ikan tersapu air juga.

Ujeng Darmansyah warga Jorong Mudik Lolo Timur mengatakan,hujan dan petir tiba tiba saja dalam waktu hanya satu jam, air dibelakang rumahnya sudah meluap dan merendam rumah warga.

Dia bersama warga lainya berharap kepada pemerintah dan DPRD agar daerah aliran sungai Batang Sipotu di Mudiak Lolo timur itu segera diperbaiki,karena setiap hari hujan anak sungai itu selalu meluap,dan ini sudah sering disampaikan kepada pihak rerkait,hanya saja survey ke survey saja.

Selain itu jalan utama Sei Kalu Pakan Rabaa,kecamatan KPGD,tepatnya di Sungai Manau,jalan utama itu tidak bisa dilewati, karena anak sungai yang berada diperbukitan itu juga mengamuk, sehingga air setinggi 20 cm menggenangi jalan Nasional, yang membuat kemacetan panjang.


* dirman *
 
Top