JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma sengaja membagikan langsung 1000 masker non medis kepada pedagang di Pasar Batusangkar, Kamis (9/4). Tujuannya, agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 atau Corona. Ia didampingi Sekretaris Dinas Koperindag Darfizal beserta jajarannya.

"Pemberian masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar Batusangkar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Tanah Datar," katanya Kamis (9/4) di Batusangkar.

Diakuinya, jumlah belum banyak dan belum menyasar seluruh tempat tetapi ini bentuk edukasi kepada masyarakat agar memakai masker.

"Kita berharap para pedagang dan pengunjung selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas mereka, sehingga setidaknya ini bisa menghambat penyebaran Covid-19. Kita juga meminta terutama kepada para pedagang makanan selain menggunakan masker juga menggunakan sarung tangan, ini dimaksudkan untuk menjaga sterilisasi makanan yang dijual," ujar Wabup.

Pada kesempatan itu, kepada anak-anak sekolah yang sekarang sedang diliburkan untuk tetap berada di rumah saja.

"Jangan keluar rumah apabila tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak, dan kalau memang harus keluar rumah gunakan masker dan usahakan terus menjaga jarak aman dengan orang lain (social distancing)," katanya.

Kepada pemilik dan pengusaha warung internet (warnet) juga diminta untuk sementara waktu mengikuti himbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menghentikan operasionalnya.

Senada, Sekretaris Dinas Koperindag Darfizal, kepada seluruh masyarakat menghimbau, agar menggunakan masker saat berada diluar rumah dan kepada para pedagang juga dihimbau selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Sementara data terbaru dari posko per 13.00 WIB, jumlah OPD 141 orang, PDP nihil, 1 kasus positif covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh serta meninggal nihil. (MG)
 
Top