JA.com, Limapuluh Kota, (Sumatera Barat).
Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota semakin serius menghentikan praktek peredaran rokok ilegal di daerahnya.  Tidak saja inten membuat himbauan, pemerintah daerah ini juga melakukan sosialisasi secara langsung ke tengah masyarakat.

Masih dalam rangka hari puncak stop rokok ilegal tersebut,  Pemkab Limapuluh Kota juga merencanakan kegiatan jalan santai yang akan melibatkan ribuan masyarakat.

"Berbagai upaya telah kita lakukan untuk menekan dan menghentikan peredaran rokok ilegal, mulai dari himbauan berbentuk spanduk, stiker dan baliho di beberapa titik strategis di Kabupaten Limapuluh Kota. Saat ini kita juga mengadakan sosialisasike tengah masyarakat," ungkap Kabag Perekonomian Setkab Limapuluh Kota Ria Wijayanti di Sarilamak, , Rabu (31/7).

Dikatakan, tahun ini ada tujuh tempat pelaksanaan sosialisasi stop rokok ilegal tersebut.  Disamping himbauan, sosialisasi tentang rokok ilegal juga disebar luaskan melalui radio.

Menurutnya, kampanye stop terhadap rokok ilegal dilakukan karena dari hasil penelitian UGM, pengguna rokok ilegal tertinggi seluruh indonesia adalah Sumatera Barat, dan di Sumatera Barat sendiri ternyata Kabupaten Limapuluh Kota juga yang paling banyak penikmat dari rokok ilegal tersebut.

Padahal untuk Kabupaten Limapuluh Kota sendiri, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) mendapatkan porsi tertinggi se Sumatera barat yang di ikuti oleh Kabupaten Agam dan Tanah Datar.

"Artinya, kita berharap dana yang kita dapatkan ini bisa kembali kepada kemasyarakat. Sebab  dari cukai rokok ini bisa digunakan untuk membangun infrastruktur yang berguna bagi masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan,  khusus untuk kegiatan jalan santai bakal diikuti langsung bupati,  unsur forkopimda,  OPD dan berbagai elemen masyarakat.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2019 mendatang, bersamaan dengan euforia kemeriahan menyambut HUT RI yang ke 74, HUT BPJS dan Hari Koperasi Nasional yang akan dihelat di pelataran Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak," ujarnya sembari mengatakan 400 peserta pertama yang mendaftar akan mendapatkan baju kaos. Selain itu juga disediakan doorprize dan ratusan hadiah menarik lainnya. (gun)
 
Top