PAKIS – Koramil 08 Pakis Kodim 0705/Magelang melalui para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan stik holder lain terus berupaya menciptakan wilayah yang aman dan kondusif. Dalam hal ini Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial bertugas untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap setiap gangguan keamanan yang berdampak pada kehidupan masyarakat di wilayah binaan.

Komsos (komunikasi sosial) merupakan salah satu metode pembintaan teritorial yang wajib dilakukan oleh setiap aparat teritorial, khususnya Babinsa. Seperti yang dilakukan oleh Sertu Martono, Babinsa Koramil 08 Pakis, yang secara rutin dan terencana  melakukan Komsos dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah desa binaanya. Kali ini Sertu Martono melakukan anjangsana dan komsos di rumah Kabul (45), warga Desa Daseh Kecamatan Pakis. Anjangsana yang dilakukan pada Jumat (02/08).

Menurut Martono, dengan melakukan anjangsana dan komunikasi sosial yang aktif diharapkan dapat membangun kebersamaan, cara pandang dan persepsi yang sama dalam kehidupan bermasyarakat serta cara penyampaian diri bagi Babinsa untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Babinsa berkomunikasi sosial dengan masyarakat dengan tujuan utama adalah bersilaturahmi, tetapi disela sela anjangsana Babinsa berkesempatan untuk menyampaikan kepada warganya tentang hal-hal yang menjadi tugasnya sebagai seorang Babinsa,  kebersamaan dan kekeluargaan yang selama ini terbina dengan baik harus dipertahankan. Hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat harus saling menguntungkan, yang akan mendukung keberhasilan Babinsa dalam menjalankan tugas pokoknya. Selain itu kebersamaan dengan warga nantinya dapat membawa dampak positif bagi warga ataupun aparat komando kewilayahan. Bersatunya warga dengan aparat kewilayahan akan membentuk situasi yang baik dan kondusif pada bidang keamanan, ketertiban wilayahnya serta program pemerintah akan dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada akhir kegiatan komunikasi sosial dengan keluarga Kabul, Sertu Martono berkesempatan untuk memberikan sembako sebagai tali kasih untuk meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ucapan terimakasih yang tulus dari  pak Kabul atas kepedulian Babinsa yang telah hadir dan memberikan sembako yang tentunya kami tidak bisa membalas niat baik ini.
" Tuhan Yang Maha Esa yang akan membalas kebaikan dari Babinsa,” ucap Kabul. (*)

 
Top