JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Sebanyak 3.463 Kepala Keluarga (KK) yang tercatat sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah provinsi, mulai disalurkan diberbagai tempat di Solok Selatan.

Penyaluran dilakukan melalui Kantor Pos, dan diantarkan langsung ke rumah para penerima, Kamis (7/5).

"Hari ini bantuan sosial kepada warga terdampak Covid-19 melalui anggaran Pemprov sudah mulai diberikan kepada masyarakat," terang Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari, Zulkarnaini.

Zulkarnaini bersama relawan sosial juga turun ke beberapa titik untuk melakukan peninjauan langsung penyaluran bantuan tersebut.

Bantuan yang diberikan  berjumlah Rp. 600 ribu/ KK, dan akan diberikan selama 3 bulan kedepan, terhitung bulan April, Mei, dan Juni. Untuk tahap pertama diberikan bantuan selama 2 bulan sekaligus sebesar Rp. 1,2 juta.

Dari informasi sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Plt Bupati Solsel Abdul Rahman menjelaskan bahwa dari skema berbagai bantuan yang ada, diperkirakan sebanyak 77% masyarakat dari total data Kepala Keluarga yang ada (KK Solsel sebanyak 49.689), dapat menerima bantuan. Bantuan tersebut berasal dari Pemerintah pusat, propinsi, kabupaten, dan juga melalui dana nagari.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan juga sudah siapkan anggaran Rp 32,4 Miliar dari APBD untuk bantu masyarakat  sebanyak 16.666, KK.

Pemerintah kabupaten juga mencadangkan bantuan melalui sembako yang saat ini ada di gudang Bulog, serta bantuan lain yang diterima pemkab.

* dirman *
 
Top