JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Untuk menghindari tumpang tindihnya data penerima bantuan, Edison, Walinagari Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam bersama dengan Wali Jorong, Pendamping PKH, dan BPNT, menandai setiap rumah tangga yang mendapat Program Bantuan Sosial di daerahnya. Baik untuk bantuan yang berasal dari Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten. Selasa (12/5).

“Setiap penerima bantuan akan diidentifikasi langsung oleh Pemerintah Nagari. Selanjutnya akan dipasang tanda dengan menggunakan stiker ataupun merek permanen dengan menggunakan cat, sehingga dapat diketahui oleh masyarakat luas,” ujar Edison.

Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Nagari Padang Lua dan nagari lainnya yang berani mengambil sikap ini walaupun ada juga sebagian kecil masyarakat yang keberatan.

“Hal yang sama akan diberlakukan untuk seluruh nagari di Kabupaten Agam, terutama dalam menyalurkan bantuan dalam rangka penanganan dampak ekonomi dari bencana Covid-19,” Tegas Indra Catri.

Ditambahkan, kedepan semua rumah yang mendapat bantuan akan dipasangi stiker agar diketahui oleh petugas dan juga masyarakat lainnya sekaligus menghindari perbuatan curang. Stiker ini juga sebagai penanda bagi petugas untuk mengucurkan bantuan bulan berikutnya. Selanjutnya seluruh Walinagari akan merekam dan menyimpan data penerima bantuan tersebut, bilamana diperlukan dapat diakses kembali dengan cepat.* Pandu *
 
Top