JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pasca diumumkannya tiga warga  Jorong Batang Limpauang, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan positif terinfeksi Covid-19 pada Rabu lalu. Dinas Kesehatan Solok Selatan menutup sementara aktivitas layanan pengobatan masyarakat di Puskesmas Pakan Rabaa terhitung Kamis, (7/5/2020).

Penutupan dilakukan paska di umumkan tiga warga Nagari Pakan Rabaa Tengah Kabupaten Solok Selatan terinfeksi Civid 19 berapa hari lalu.

"Mulai hari Kamis 7 Mei  kita tutup sementara aktivitas pelayanan pengobatan masyarakat di Puskesmas Pakan Rabaa. Ini berdasarkan tracking pasien positif tersebut sebelumnya pernah berobat ke Puskesmas tersebut beberapa waktu lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman hari ini di Padang Aro.

Menurutnya, penutupan aktivitas pelayanan ini akan berlangsung hingga hasil Swab 17 tenaga medis yang diduga kontak dengan pasien positif tersebut saat pasien berobat ke Puskesmas Pakan Rabaa.

Sebelumnya, pasien pertama YT (55) yang berprofesi sebagai guru ini melakukan perjalanan ke Kota Padang bersama pasien dua AA (18) yang merupakan anak dari pasien YT.

Pada 18 April lalu mereka kembali dari padang. Selang beberapa hari pasien YT bersama pasien ke tiga YS (80) merupakan orang tua dari pasien YT ini mengalami gelaja demam ringan.

Keduanya berobat ke Puskesmas Pakan Rabaa. Setelah menjalani pengobatan dan diberi obat keduanya diminta untuk mengisolasikan diri dirumah. Namun, keduanya telah masuk ke dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP) temasuk juga pasien ke dua AA.

"Dengan dilakukannya pengambilan uji Swab secara banyak. Ketiganya dilakukan pengambilan sampel Swab dan sampel tersebut dikirim ke laboraturium Fakultas Kedokteran Unand di Padang," katanya.

Dari hasil Swab tersebut, ketiganya dinyatakan positif. Dan sekarang dua diantaranya pasien YT dan AA menjalankan karantina di Balai Diklat PPSDM Padang. Dan pasien YS dirujuk ke RSAM Ahmad Mohctar Bukitinggi.

"Kita tunggu hasil Swab tenaga medis yang dikirim kemarin. Jika dinyatakan negetif. Aktivitas Puskesmas Pakan Rabaa akan lembali dibuka untuk pelanan kesehatan masyarakat," pungkas Novirman.

* dirman *
 
Top