JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat)--Rombongan bupati Pasbar, Yulianto bersama tim berkunjung ke Jorong Paroman Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau. guna untuk mengunjungi keluarga pasien positif covid-19 yang telah di bawa dan dirawat di RS Unand Padang  pada bulan lalu.

Dimana diketahui bahwa Keluarga (R) di Jorong Paroman Nagari Sinuruik terkejut dengan kunjungan mendadak Bupati Pasaman Barat, Yulianto ke rumah mereka, Rabu (06/05) siang.

Kunjungan Bupati ini dilakukan setelah turunnya hasil uji swab yang menyatakan bahwa seluruh masyarakat yang pernah kontak dengan pasien "R" berdasarkan tracking beberapa waktu yang lalu, semua dinyatakan negatif.

"Kami melakukan kunjungan untuk melihat dan memastikan kondisi masyarakat sekitar juga memberikan motivasi agar masyarakat tetap semangat, dan menunjukan bahwa penderita Covid-19 bukanlah suatu aib." kata Yulianto.


Saat Bupati berada di pos pengawasan perbatasan Sinuruik, ia juga menyampaikan agar pemerintah terutama pemerintahan di Kanagarian bersama masyarakat diharapkan mampu bersama-sama perang melawan Covid-19.

“Saya minta tidak ada yang merasa dikucilkan dan mengucilkan. Kita semua bersaudara dan harus bersatu serta saling bantu,” ujarnya

Yulianto menambahkan, Pemerintah akan hadir di tengah masyarakat sesuai aturan dan kemampuan saat ini. Berdasarkan informasi keluarga, kondisi R di RS Unand sudah mulai membaik dan normal. Petugas medis masih melakukan perawatan, setalah kondisi R benar-benar pulih akan segera dibawa pulang.

“Kita sama sama berdoa, agar R bisa cepat sembuh dan pulang dengan kondisi sehat hingga dapat kembali berkumpul dengan keluarga,” ujar Yulianto

Berdasarkan hasil Swab negatif (sehat), mengaku terkejut dengan kedatangan rombongan Bupati,  Ia merasa terharu, pajabat mau datang memantau langsung kondisi masyarakat yang tedampak Covid.

“Saya kira yang datang tim medis. Ternyata rombongan Bupati dari Simpang Empat yang ingin melihat langsung kondisi saya,” sebut Nurhayati sambil terharu.

Nurhayati berharap, kakaknya (R) bisa pulang segera dan sembuh. Meski pernah kontak dengan pasien positf, Nurhayati mengaku masyarakat kampungnya tidak pernah mengucilkannya. Meski demikian Ia tetap menjaga jarak agar tidak menimbulkan ke khawatiran bersama.

“Masyarakat sekitar rumah sangat mendukung dan saling membantu, semoga wabah ini segera berakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Talamau Nur Fauziah Zein menambah, tim di Kecamatan dan Nagari selalu melakukan tindakan dan perhatian sesuai aturan dan prosedur Covid 19.

Sejak ditemukan kasus kemarin. Pemerintah Nagari dan Kecamatan terus berkoodinasi untuk memberikan sosialisasi dan tindakan edukasi maupun bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

“Alhamdulillah situasi di Sinuruik, dan Kecamatan Talamau sudah kondusif, apa lagi dengan kehadiran Bupati hari ini langsung ke Sinuruik makin membuat masyarakat tenang dan lebih percaya diri lagi.” ujarnya.
 
Top