SRUMBUNG – Dusun Tempel Desa Ngargosoko Kecamatan Srumbung dicanangkan menjadi Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB). Pencanangan dilakukan oleh Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Magelang Drs Ari Handoko, MM. didampingi oleh Muspika Srumbung serta masyarakat sekitar. Rabu, (06/08) kemarin.

Camat Srumbung, yang diwakili oleh Sekcam Srumbung Bpk Drs Moch. A Chusen mengatakan, bahwa kampung KB diperlukan, karena keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

Menurutnya, hal terpenting dari pencanangan Kampung KB adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Antara lain dengan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat, serta pelayanan KB di tingkat desa. “Program kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan program KB agar dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarga,” jelas Chusen.

Babinsa Koramil 16/Srumbung Serka Abdul Rochim yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan bahwa Kampung KB merupakan salah satu program pemerintah untuk menekan pertumbuhan penduduk di Indonesia.Dengan adanya Kampung KB, diharapkan manfaat program KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Partisipasi semua pemangku kepentingan dan masyarakat mutlak diperlukan dalam pembentukan Kampung KB. Termasuk, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat itu sendiri. Partisipasi juga akan sangat membantu kesuksesan program tersebut, Tidak lupa peran Babinsa sangat diperlukan demi tercapainya tujuan program ini”pungkas Serka Abdul Rochim
 
Top