MAGELANG, - Dapur umum menjadi kebutuhan pokok saat terjadi korban bencana alam, menykapi hal tersebut Kecamatan Sawangan menggelar pelatihan kapada perangkat Linmas dan Babinsa Desa Mangunsari Kecamatan Sawangan yang diikuti 50 orang dengan menghadirkan narasumber dari pengelola katering dari Kabupaten Magelang , Jumat (02-08)

Kepala Bidang kesejahteraan Kecamatan Sawangan Tutik  mengatakan, pelatihan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan sumber daya manusia dilingkungan Kecamatan Sawangan dalam membantu penanganan bencana mengingat wilayah Sawangan sangat riskan akan bahaya alam seperti erupsi gunung merapi, tanah longsor dan angin puting beliung.

Melalui pelatihan itu diharapkan nantinya tidak canggung saat bertugas di dapur umum saat terjadi bencana, menyediakan makan bagi para korban bencana.

“Ini merupakan latihan simulasi apabila Terjadi suatu bencana di wilayah Kecamatan Sawangan” terangnya.

Tutik menambahkan, pelatihan dapur umum mengajarkan konsep memasak yang cepat dengan menggunakan bahan yang sederhana dan bergizi serta layak untuk disajikan, dan tentunya dengan peralatan memasak yang sederhana pula.

Sementara Serda Widiyono selaku Babinsa Desa Mangunsari sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan oleh perangkat dari kecamatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat bagus, kita berharap kegiatan seperti ini bukan hanya di desa binaannya saja, tetapi bisa dilaksanakan diseluruh desa yang ada di Kecamatan Sawangan” Harapanya.(pen0705)
 
Top