JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Update  terbaru laporan Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Pasbar pertanggal 6/5 pada hari Rabu, kian membaik sementara itu untuk  Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan cendrung mengalami penurunan.

Sementara itu total keseluruhan 246 ODP yang tercatat, sebanyak 233 dinyatakan telah selesai dilakukan pemantauan dan dalam keadaan sehat. Demikian disampaikan Jubir Satgas Covid-19, dr. Gina Alecia.

"ODP terus mengalami penurunan dan ini kabar sangat menggembirakan. Saat ini tersisa 13 orang yang masih dilakukan pemantauan," sebut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasbar, dr Gina Alecia.

Lebih lanjut dijelaskan, sementara untuk pelaku perjalanan juga mengalami penurunan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung.

"untuk total pelaku perjalanan sebanyak 18.755 orang. Jumlah ini kebanyakan pelaku perjalanan dalam provinsi. Sedangkan untuk pelaku perjalanan dari luar provinisi mengalami penurunan sejak PSBB." lanjutnya.

Sementara itu untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap sembilan orang. Kesembilan orangnya hasil swabnya negatif, satu orang diantaranya meninggal dunia, tujuh orang sehat dan satu orang masih isolasi mandiri di rumah.

"Untuk total Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 16 orang. Dengan rincian satu orang hasil swabnya positif, 13 orang hasil swabnya negatif dan dua orang rapid tesnya negatif." jelasnya.

Sedangkan Pasien yang positif katanya masih tetap satu orang dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Unand Padang. Kondisinya saat ini stabil.

Disamping itu dr Gina meminta, bagi warga yang baru datang dari daerah pandemi COVID-19, diharapkan melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Dengan itu, dapat melindungi keluarga dan masyarakat sekita.


* Sofyan Harahap *
 
Top