JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengawali kunjungan kerja perdananya ke Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Jumat (20/9).

Sebelum menuju Padang Aro pusat kabupaten Solsel, Kapolda menggelar sholat Jumat berjemaah bersama masyarakat Ulu Suliti di Masjid Ukhuwwah Ulu Suliti Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, merupakan  pintu gerbang daerah Solsel dengan kabupaten Solok.

Setelah melaksanakan shalat Jumat, Kapolda Sumbar memberi arahan singkat pada jemaah Jum'at.

"Ini bentuk merupakan kunjungan kerja perdana saya ke Solsel, ternyata wilayah hukum saya ini luas juga," sebut Fakhrizal.

Sesuai agenda, Kapolda akan berada di Solsel selama tiga hari tiga malam, selain bersilaturahmi di Istano Rajo Balun di Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kapolda juga menjambangi Masjid kurang Aso 60 di nagari Pasia Talang kecamatan Sungai Pagu.

Dan menghadiri acara penyambutan tari piriang diikuti 2.890 siswa di Padang Aro pusat kabupaten.

"Kunjungan ini cukup lama, sambil memantau kondisi daerah dan keluhan masyarakat Solsel," jelas Fakhrizal.

Diakui Fakhrizal, daerah Sumbar termasuk gawat kabut asap dan peredaran narkoba. Saya sudah perintahkan seluruh Kapolres. Kasat agar tembak ditempat gembong narkoba jangan beri ampun.

Kemudian dihimbau kepada masyarakat dalam kondisi kabut asap ini,masyarakat agar berhati hati jika keluar rumah usahakan pakai masker.

Dipenghujung acara.kapolda Irjen Pol.Drs H.Fakhrizal didampingi Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto memberikan bantuan untuk pembangunan Masjid Ukuwah Ulu Suliti sebesar Rp 20 juta.

Dalam kunjungan dirumah gadang Istano Rajo  Daulat Yang Dipertuan  Tuangku Rajo Bagindo Rajo Adat Alam Surambi Sungai Pagu di Balun, rombongan sudah ditunggu para pemangku adat, yang langsung disambut dengan tari pasambahan.

Pada saat itu pula Kapolda mendapat penghargaan dan cendra mata dari Tuanku Raho Bagindo berupa satu buah keris dan kain selendang, kemudian rombongam diarak kedalam istano untuk makan bersama siang bersama. (dirman)*.
 
Top