MAGELANG KOTA, -- Sebanyak 50 babinsa di jajaran Kodim 0705/Magelang mengikuti kegiatan memperdalam ilmu teritorial yang dikemas dalam Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil) Tersebar Tahun Anggaran 2019 di Gedung Prajurit.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono dalam kata sambutannya mengajak para babinsa untuk benar - benar mampu menguasai wilayah binaannya masing - masing dalam berbagai aspek. Sehingga kehadiran babinsa bisa dirasakan oleh warga masyarakat.

Babinsa wajib bersosialisasi dan berkomunikasi dengan warga secara santun dan mengedepankan etika dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

" Berlakulah secara santun terhadap siapa saja dalam menjalankan tugas sebagai babinsa" pinta Dandim.

Selain itu, menyikapi maraknya tawuran pelajar, secara khusus Dandim memerintahkan jajarannya untuk senantiasa aktif mencegahnya dan memberikan pemahaman agar para pelaku tawuran tidak mengulangi lagi, atau membatu aparat lain guna memberikan shok terapi kepada pelaku tawuran.

Katpuan Apkowil yang digelar selama 5 hari ini pada dasarnya untuk menyegarkan dan meningkan kemampuan babinsa sebagai ujung tombak apara komando kewilayahan. Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan para Babinsa Jajaran Kodim 0705/Magelang menguasai ilmu - ilmu teritorial dan perkembangan global agar tidak ketinggalan di era globalisasi. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah "Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Aparat Komando Kewilayahan Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Kegiatan Teritorial Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD"

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membekali serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Apkowil dalam pelaksanaan pembinaan teritorial sehingga diperoleh kesamaan pola pikir dan kemampuan dalam mendeteksi, mengenali, menganalisa serta mengambil tindakan terhadap perubahan dan perkembangan dinamika di wilayah guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh.

Selama 5 hari, para peserta Katpuan Apkowil menerima berbagai materi yang mendukung tugas tugas kewilayahan, materi  disampaikan oleh para Perwira. Materi yang diberikan antara lain Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Metode Binter, Intelijen Teritorial, Proxy War, Medsos dan Hoax, Pengumpul Keterangan, Manajemen Teritorial, Pemberantasan Narkoba, Organisasi Terlarang, Paham Raka/Raki, Terorisme dan Komunikasi Massa.
 
Top